Gas compressor untuk delivery gas hanya sebagai sistem kompresi saja (sebagai booster) untuk mencapai pressure spec dari sales gas yang ditawarkan (sesuai contract) kepada konsumen. Jadi, tidak untuk meningkatkan kapasitas, kalau flow gasnya x, ya keluar dari kompressor maksimal sama dengan x namun dengan pressure yang berbeda.

Tanya – Dadi Mulyadi

Dear milister,

Mungkin ada yang bisa memberi pencerahan kepada saya, di tempat saya bekerja kami melakukan individual test dengan loop test untuk mengetahui produksi per sumur. Dari beberapa sumur yang dilakukan test individual diperoleh total produksi 8 MMSCF, tetapi yang terdeliver ke konsumen mencapai 12 MMSCF. Kondisinya jarak dari proses plant ke delivery station sekitar 15 km dengan ukuran pipa 10′ dan dikompress menggunakan gas kompressor. Saya agak bingung dengan selisih sekitar 4 MMSCF ini.
Apakah loop test nya yang tidak akurat atau karena hal lain. Menurut rekan saya rate nya meningkat karena ada gas kompressor, saya kurang yakin dengan pernyataan ini karena sepengetahuan saya gas kompressor ini menaikkan tekanan dengan memperkecil volume. Bagi rekan-rekan migas yang lebih berpengalaman dan bersedia memberi penjelasannya saya ucapkan terima kasih.

Tanggapan 1 – waluya_priatna

Loop test itu system yang itu mechanical,electrical,instrument,HVAC, piping kalu commissioning dicipline yg sudah diloop check as per system.

Tanggapan 2 – mohammadsuprihat

Pak Dadi,

Saya coba menjawab pertanyaan bapak:

1. apa yang dikatakan teman bapak tidak benar sama sekali karena gas compressor hanya untuk menaikkan pressure dan tidak akan pernah menambah rate gas tsb.

2. melihat jarak tempuh pipa tsb 15 km, malah seharusnya ada kemungkinan gas yang terkondense shg jumlah rate gasnya bisa berkurang.

3. berkaitan dengan hasil test wells bapak ternyata hanya 8 MMscf sedangkan gas yang ter-delivere ke buyer 12 MMscf, maka ada 2 kemungkinan:

a. hasil well test anda kurang akurat , coba di cek metering di test separator bapak (kl ada) dan metering outgoing ke buyer, apakah sudah valid pengukurannya???

b. apa ada source lain yang masuk gas compressor bapak selain dari wells yang bapak test.

mohon dikoreksi kl ada yang keliru…

Tanggapan 3 – Martin Rifki@rekayasa

Kang Dadi (sepertinya orang sunda) J,

Sepemahaman dan pengalaman saya, gas compressor untuk delivery gas hanya sebagai sistem kompresi saja (sebagai booster) untuk mencapai pressure spec dari sales gas yang ditawarkan (sesuai contract) kepada konsumen. Jadi, tidak untuk meningkatkan kapasitas, kalau flow gasnya x, ya keluar dari kompressor maksimal sama dengan x namun dengan pressure yang berbeda.

Untuk case kang Dadi, coba dicek kembali proses n hasil individual test-nya, misal pemakaian choke valve-nya, penggunaan diameter pipa ketika dilakukan individual test, apakah sama kondisinya ketika normal operating ketika delivery.

Semoga sedikit membantu.