SIS Loop tersusun atas : Sensor, Logis Solver, Field Device. Masing-masing dianalisis PFD-nya kemudian sigma PFD yang menjadi SIL dari SIS system anda. PFD itu rata-rata sumber infonya dari PHA. PFD itu juga memperhitungkan level of redudancy, dll. Tingkat PFD sum itu yang kelak jadi parameter SIL (ini acukan ke ISA 84 atau IEC 61511).

Tanya – Gede

Apa ada yg bisa share utk subject di atas?

1. Standard & code yg dipakai?

2. Third party yg biasa conduct SiL study utk fire&gas?

3. Deelel

Tanggapan 1 – roslinormansyah_35

Mas Gede

Klo standard SIL itu bisa ANSI/ISA 84 (SIL-nya sampai SIL3) dan IEC 61511 (SIL-nya sampai SIL 4). Klo mau yg ISA kontak via japri ya.

Sebenarnya siapapun yg telah tersertifikasi CFSE bisa kok diundang melakukan sertifikasi SIL. Tuh mas DAM br baru aja lulus CFSE bisa di’berdayakan’ hehehe.

Oh, apakah sudah dilakukan PHA mas ? Sebab SIL paling baik dilakukan setelah PHA.

Tanggapan 2 – Gede

Thx utk masukannya.

Disini saya ngomongin analysis SIS loop untuk fire & gas detector.

Tanggapan 3 – Roslinormansyah

Mas Gede

SIS Loop kan tersusun atas : Sensor, Logis Solver, Field Device. Masing-masing dianalisis PFD-nya kemudian sigma PFD yang menjadi SIL dari SIS system anda. PFD itu rata-rata sumber infonya dari PHA. PFD itu juga memperhitungkan level of redudancy, dll. Tingkat PFD sum itu yang kelak jadi parameter SIL (ini acukan ke ISA 84 atau IEC 61511).

Tanggapan selengkapnya dari rekan-rekan Mailing List Migas Indonesia pembahasan bulan Januari 2010 ini dapat dilihat dalam file berikut: