Berkenaan dengan instalasi pipa hydrant baru di site kami, mohon pencerahan prosedur jika dilakukan pekerjaan pengelasan yang berdekatan dengan pipa gas
adakah persyaratan / pemeriksaan khusus untuk pengelasan yang berdekatan dengan pipa gas.
karena menurut welder yang bersertifikat oil & gas, cukup memastikan tidak ada bocoran di area instalasi pipa gas tsb, tapi bagaimana caranya mengetahui
bocoran pipa gas yang berada di lingkungan terbuka.

Tanya – Suvianto, Firman-Nur

Dear All,

Berkenaan dengan instalasi pipa hydrant baru di site kami, mohon pencerahan prosedur jika dilakukan pekerjaan pengelasan yang berdekatan dengan pipa gas
adakah persyaratan / pemeriksaan khusus untuk pengelasan yang berdekatan dengan pipa gas.
karena menurut welder yang bersertifikat oil & gas, cukup memastikan tidak ada bocoran di area instalasi pipa gas tsb, tapi bagaimana caranya mengetahui
bocoran pipa gas yang berada di lingkungan terbuka.

atas informasinya terima kasih.

Tanggapan 1 – Yusuf Nugroho

Pak Firman,

Sepengetahuan saya selama ini dipantau dengan gas detector yang selalu standby sebelum dan selama pengelasan berlangsung.
Mohon tambahan dari yang lain.

Tanggapan 2 – Haryono, Suharyo

Pak Firman,

Saat ini sudah ada teknologi pressurized habitat yang memastikan tempat pengelasan pressurized oleh udara dan tidak ada HC yang masuk ke lokasi pengelasan.

Di tempat saya bekerja, teknologi ini telah digunakan berkali kali dan aman. Monitoring HC adalah tetap mandatory.

HOTHED menyediakan servis, lengkap dengan personnelnya. Kalau mau purchase juga sudah ada di pasaran.

Tanggapan 3 – Ilham Hasan

Pak Firman,

Di tempat kami sering dilakukan pengelasan dalam area gas plant yang ‘live line’ baik pekerjaan untuk tie-in maupun hot tapping. Saran kami, yang perlu Bp lakukan, harus memastikan dulu ada tidaknya gas2 yang mudah menyala/meledak di sekitar lokasi pengelasan itu, siapa tahu ada kebocoran dan sebagainya. Untuk memastikan itu semua, Bpk harus cek dengan menggunakan alat deteksi gas2 yang mudah menyala. Kalau di tempat kami karena gas plant, yang dicek gas methane (CH4) saja dengan menggunakan Draeger Gas Detector. Pada alat ini bisa ngukur LEL dari pada gas Ch4 tersebut. Setiap gas2 memiliki nilai range LEL dan UEL yang berbeda-beda. Misalnya Gas Methane nilai LEL nya sekitar 5 dan UELnya 15 (CMIIW). Selain itu juga akan diukur tingkat konsentrasi Oksigen (O2), karena oksigen sangat berperan dalam proses terjadinya fire dst. Kalau sudah Bp deteksi dan ternyata aman dalam artian keberadaan bahan2/gas2 yang bisa menjadi bahan terjadinya kebakaran/ledakan, TIDAK signifikan (Dalam batas aman tidak menyebabkan kebakaran/ledakan), maka selanjutnya lokasi sekitar pengelasan Bp isolasi. Misalnya memberikan cover dari karung2 atau bahan yg sukar menyala dan Bpk basahkan setiap saat agar percikan spark saat pengelasan tidak menimbulkan panas/menyebabkan kebakaran. Bagi yg berpengalaman mengelas di live line (process line) gas, biasanya menggunakan Ampere agak rendah, untuk menghindari panas yang extream.

Jadi intinya, cek dulu ada tidaknya gas2 yang bisa menyebabkan kebakaran/ledakan dst. Bila kondisinya aman, maka berikan proteksi area sekitar lokasi pengelasan (bisa make fire blanket). Alat deteksi Bpk jalankan terus di sekitar area lokasi pengelasan. Insya Allah, pengelasan Bp akan aman2 saja.

Tanggapan 4 – Akh. Munawir

Akan lebih aman untuk setting alarm pada Portable Gas Detectornya jauh dibawah nilai LEL.

Anda bisa gunakan setting 20% LEL sebagai set point untuk Warning Alarm-nya.
Contoh soal,
Jika gas metane nilai LEL-nya adalah 5% dan set point Warning Alarm adalah 20% LEL maka set pointnya Warning Alarmnya = 20% x 5% Konsentrasi = 1% konsentrasi Methane gas.

Tanggapan 5 – Yusuf Nugroho

Pak Firman,

Sepengetahuan saya selama ini dipantau dengan gas detector yang selalu standby sebelum dan selama pengelasan berlangsung.

Mohon tambahan dari yang lain.

Tanggapan 6 – Budi Arman

Nambahin dikit pak,

Perhatikan arah angin (bendera angin) selama proses pengelasan. klo bisa arah angin menuju kepipa gas dari posisi ngelas, jika ada kebocoran gas, gas nya terbang menjauh dari api las,

Tanggapan 7 – Supaka Edi

Nambahin pak

tambahkan juga pelindung untuk pipa gasnya agar tdk terkena radiasi panas dari proses pengelasannya bisa pakai karung basah atau sejenisnya.

Tanggapan 8 – Egi Al Ghifari

Ikut nimbrung nimpalin yang lain Mas Firman,

Kita lihat secara prosedural, apakah ada hazardous area mapping sehubungan dengan adanya gas piping. Kalau ada, ikuti prosedur baku untuk hot work sesuai hazard zone.
Jika tidak ada hazard mapping, maka biasanya urusan orang safety untuk mendefine precautions supaya bisa melakukan hot work with naked flame (pengelasan biasanya termasuk kategori ini, sama dengan grinding, brazing,etc).

Precautions nya antara lain;

Inhibit fire detector kalau ada.

Identifikasi isolating valve untuk pipa gas tersebut. Kalau ada orang yang bisa dedicated untuk stand by di isolating valve, lebih bagus untuk mengisolate jika ada kasus kebocoran gas.
Siapkan portable fire extinguisher di sekitar welder.
Aktifkan portable gas detector di sekitar welder, dan dimana gas akan terkonsentrasi jika ada kebocoran.
Gunakan over current protection untuk pengelasan listrik.
Kalau prosedur baku belum dikembangkan, bisa tak terhinggal precaution nya, tinggal dioptimisasi saja antara risiko dan biaya.

Tanggapan 9 – Suvianto, Firman-Nur

Dear Rekan Egi dan Ilham,

terima kasih untuk masukannya, dari beberapa point yang disampaikan sudah kami lakukan dalam risk assessment pekerjaan tsb,
dan hal positif lainnya akan kami jadikan standart prosedur dalam hot work on red area.

Tanggapan 10 – hdmessa

pak Firman dan rekan2 sekalian,
sekedar sharing saja

bisa jadi pengukuran gas detector tidak begitu akurat, sehingga ada leaking kecil di tempat yg terpencil, spt di dekat valve, flange atau joint tak begitu terdeteksi, mungkin krn kecil volumenya atau susah utk menjangkau nya. saran saja, coba di cek juga tempat2 yg mencurigakan tsb, khusus utk pipa hydrocarbon, bisa juga dilihat bilamana terjadi icing di dekat valve atau flange patut dicurigai ada leaking. Selain itu gas detection nya harus secara kontinyu, bukan saat awal kerja saja.

utk lebih aman nya, di dekat tempat potensial bakal ada jatuhan spark/ percikan api las, dipasang fire blanket menutupi pipa tsb.

saya ada pengalaman, bahwa spark dari welding tsb, jatuh ke dekat pipa, dan kebetulan disana ada leaking walau kecil ( dekat flange joint ) , langsung terjadi fire, walau kecil dan cepat dipadamkan. tapi apinya cepat sekali terjadi walau dg spark yg kecil, jadi patut berhati2 sekali thd hal tsb.

utk standar pengelasan ( hot work permit ) biasanya di sekeliling tempat las ditutupi dg fire blanket, spt cabin /ruang tertutup. tapi sering kejadian penutupan fire blangket tak sempurna atau tak ditutup di alas nya sehingga tetap bisa terjadi percikan las keluar keluar

demikian sekedar sharing dari saya, semoga bermanfaat.