Saya baru saja dapat pengalaman di pabrik saya. Pada refrigerant compressor kami di setting 80 psi utk differential pressure low shutdown. Akan tetapi pada kenyataannya tekanan masih diatas 100 psi compressor sdh shutdown. Controller yg digunakan yaitu PLC AB Compact Logix. Apakah ada masalah pd press transmitter atau Analog Input pd PLC AB. Differential tsb selisih press discharge dan suction mycomp.. Mohon sharing teman2 semua.

Tanya – Novriandy Darmawan

Dear rekan milist,

Saya baru saja dapat pengalaman di pabrik saya. Pada refrigerant compressor kami di setting 80 psi utk differential pressure low shutdown. Akan tetapi pada kenyataannya tekanan masih diatas 100 psi compressor sdh shutdown. Controller yg digunakan yaitu PLC AB Compact Logix. Apakah ada masalah pd press transmitter atau Analog Input pd PLC AB. Differential tsb selisih press discharge dan suction mycomp.. Mohon sharing teman2 semua…

Tanggapan 1 – febri wardana

Mungkin dicek dulu di logicnya setting yang berlaku berapa, barangkali sudah tidak sesuai dgn logic diagram document yg ada di tempat pak nofri.

Atau mungkin sj pressurenya menyentuh angka 80 sesaat saja shg sempat trip sementara nilainya kembali ke angka 100 ketika sudah trip. Bapak bisa lakukan shutdown test (tidak aktual/online) utk melihat akurasi dari transmitter dan kerja logic, selain memverifikasi kedua transmitter tersebut atau kalibrasi jika diperlukan.

Tanggapan 2 – Novriandy Darmawan

Dear Pak Febri,

Terima kasih masukaannya. Nanti pada saat ada waktu shutdown sebentar akan saya coba simulasi dengan memberikan pressure pada transmitter kemudian di monitor pada saat pressure berapa terjadi shutdown. Karena sebelumnya sudah pernah di monitor secara seksama ternyata shutdown tetap terjadi diatas 100 psi. Padahal setpoint pada logic / panelview plus 700 masih 80 psi..

Tanggapan 3 – Dirman Artib

Kalau kalibrasi OK, akurasi dari transmitter nya cek pak !

Batas atas dan bawah plus-minus berapa % ?

Tanggapan 4 – febri wardana

Beberapa hal yg bisa kita lakukan waktu online :

1. check online utk setpointnya tripnya.

2. pastikan value di lapangan (jika ada local display) sama dgn di PanelViewnya, bisa jadi kita perlu re-kalibrasi channelnya krn ada drift

Pengalaman saya waktu lalu, saya punya air compressor dgn local control PLC Siemens dan HMI display Siemens. Terjadi drift antara value di display dgn actual local display di lapangan. Sehingga diperlukan kalibrasi ulang dgn menu yg sudah tersedia di panel HMI tsb dgn mengadjust nilai integer antara zero dan spannya. Kalau memang driftnya besar, bisa jadi channel IO sudah rusak, shg kita perlu ganti card IO tersebut. Untuk melakuakn loop test dan veriifkasi zero ke spannya memang kita perlu melakukan forcing shutdown signalnya shg tidak shutdown beneran. Kalau ada kesempatan offline itu lebih baik.

Mudah2an saran sederhana ini bisa membantu…………..

Tanggapan 5 – Novriandy Darmawan

Pak febri,

Untuk point 1 sdh saya pastikan OK. Akan tetapi pernah sewaktu shutdown terjadi beda pembacaan antara display transmitter dgn panelview. Pada transmitter tertera 130 psi sedangkan panelview -52. Apakah ini yg pak febri mksud ‘drift’. Yang saya takutkan adalah terjado kerusakan pada channel I/O. Bisakah channel I/O ini dikalibrasi?

Tanggapan 6 – febri wardana

Drift itu misalnya pembacaan di local display Tx 100, di PanelView 105. Hal ini biasnaya bisa kita selesaikan dgn kalibrasi dan mengecek akurasi dgn loop test.

Angka yg dilihat tsb (-52) itu berupa angka integer (aktual bacaan PLC) atau sudah dikonversi ke measurement unit ? Angka integer yg biasa di terima PLC memang biasnaya mulai dari negatif sampai positif.
Kalau sudah measurement unit, ya pastilah bisa disimpulkan IO channelnya rusak dan perlu ganti 1 card atau diassign ke channel spare lainnya. Tentunya kita memerlukan pengetahuan tambahan bagiamana replacement card, konfigurasi, dsbnya.

Kalau memang ada indikasi kuat channel kita error, saran saya force trip signalnya dan kita lakukan verifikasi ke Tx tersebut, lakukan kalibrasi jika diperlukan dan segera ganti card/re-assignment jika diperlukan. Karena dgn kondisi saat ini (jika channel failed), sewaktu2 anda akan mengalami hal serupa.