Metode pengujian NDT melalui MPI atau MT hanya dapat dilakukan terhadap jenis material yang feromagnetic (iron, cobalt dsb) . Kemudian cara kerja MPI itu sendiri mampu medeteksi cacat di permukaan dan subsurface.

Tanya – yusuf chamdani

Dear Yang Terhormat Bapak Bapak Senior….

Apakah Magnetik Partikel Tes dapat mendeteksi discontinuity bahan logam ferro pada permukaan atau welding yang sudah di painting?

Mohon pencerahannya……., karena ada client yang meminta hal tersebut.

Tanggapan 1 – Nis Daniel

Walaupun sangat tidak disarankan pak… jawabannya bisa asalkan tebal dari catnya tidak melebihi kemampuan yokenya untuk membuat medan magnet (yang lazim dijadikan acuan adalah Depth = 3mm, walaupun berdasarkan pengalaman saya pribadi 8mm pun masih bisa dideteksi), inipun dalam pelaksanaannya sangat susah karena kendala dari penglihatan kita, akan sangat membantu jika bapak memakai tipe fluorescent,

Kalau saya boleh sarankan, catnya harus dirwmove dulu untuk menghindari masalah mendatang.

Tanggapan 1 – Bambang Supriyadi

Sepengalaman yang pernah saya alami di lapangan, jawabannya bisa pak…mungkin jika ada NDT-man (MPT) di perusahaan bapak ataupun oleh 3rd party bisa didiskusikan permasalahan ini secara detail.

Metode MPT (Magnetik Partikel Test) menjangkau lapisan ferro bagian agak dalam, apalagi jika sekedar terlapisi oleh painting, sangat bisa sekali dilakukan dengan tanpa membuang lapisan paintingnya.

Tanggapan 2 – surya may iskandar

Saya Tambahkan sedikit…

Metode pengujian NDT melalui MPI atau MT hanya dapat dilakukan terhadap jenis material yang feromagnetic (iron, cobalt dsb) …
Kemudian cara kerja MPI itu sendiri mampu medeteksi cacat di permukaan dan subsurface.

Jadi untuk mendeteksi cacat permukaan maksudnya disini adalah medeteksi defect-defect yang sudah terbuka contohnya cacat permukaan las…dan tentunya permukaan yang akan diuji harus benar-benar bersih dari impurities termasuk cat yang menutupi permukaan las…

Untuk MPI subsurface defect dapat dilakukan tanpa membuang permukaan yang telah tertutup contohnya oleh cat. Tetapi untuk mendeteksi defect sub suface ini memiliki keterbatasan maksimal 3 mm dari permukaan benda yang di uji…

Saran saya sebaiknya dilakukan juga dengan Ultrasonik Testing (UT) untuk memastikan kedalaman cacat…. tetapi UT pun memiliki keterbatas minimum ketebalan material berdasarkan AWS D1.1 sekitar 8 mm…Oleh karenanya apabila ketebalannya kurang dari 8 mm dan material yang di ujinya kecil bisa juga dengan Radiograph Testing (RT)….

Semoga bermanfaat.

Tanggapan 3 – rully abdillah ginting

Menarik sekali, jika diperkenankan saya ingin mempelajari tentang NDT ini, mohon yang punya file dokumen bisa share dengan saya, terima kasih.

Tanggapan 4 – Nis Daniel

ada beberapa link untuk di baca baca pak…

http://www.ndtfolks.com/index.php/Library/Magnetic-Testing/Magnetic-Particle-Inspection/Page-2.html

http://www.ndt-ed.org/EducationResources/CommunityCollege/MagParticle/cc_mpi_index.htm

http://www.ndt-ed.org/EducationResources/CommunityCollege/MagParticle/Physics/MagneticDomains.htm

Tanggapan 5 – Tegas Sutondo

Tambahan juga, untuk cacat permukaan dan jenis material apa saja, asal tidak porous, bisa juga digunakan metode ‘Liquid Dye Penetrant’. Untuk bahan dari metal, atau yang bisa menghantarkan listrik, bisa juga pakai ‘Eddy Current Test’.