Apakah ada LIC yang dapat diaplikasikan pada crude tank yang dapat fungsinya untuk menjaga level air agar tidak terbawa pada saat overflow minyak. Kondisinya mirip LIC dengan separator tiga phase, tetapi rencananya diaplikasikan di crude tank kapasitas 95.000 bbls.

Tanya – Boelank Jer

Mohon info, apakah ada LIC yang dapat diaplikasikan pada crude tank yang dapat fungsinya untuk menjaga level air agar tidak terbawa pada saat overflow minyak. Kondisinya mirip LIC dengan separator tiga phase, tetapi rencananya diaplikasikan di crude tank kapasitas 95.000 bbls.
Terima kasih.

Tanggapan 1 – Kofah Baskoro

Bisa pakai interface level indicator controller yang mendeteksi interface lapisan minyak dan water. Tipenya ada yang displacer type, guided radar, dll. Yang pernah saya tahu brand k-tek dan magnetrol.

Tanggapan 2 – And Riawan

bisa pak zoel,

hanya saja untuk sistem crude di tangki sebesar itu saya belum pernah melihat ada yg di pasang LIC, rata2 manual . . .perlu di perhatikan jika emulsi crude nya tebal (upset) mgkn LIC tidak berfungsi atau tidak di fungsikan. . . .

jika level air di pertahankan tetap, maka produksi crude akan bervriasi setiap hari nya (ini tangki berukuran besar, beda level sedikit, produksi crude berubah drastis). sedangkan operator ingin nya produksi crude stabil . . . .

Tanggapan 3 – hanendra agung

Sekedar tambahan,

Kalau untuk tipe magnetic dipertimbangkan juga, apabila ada endapan apakah ada material material yang mengandung sifat dapat menempel di magnet, karena kita pernah punya pengalaman tersebut.

Pernah terjadi Float diam tidak bergerak, ternyata ada material material yang mengandung besi menempel di sekeliling float, akhirnya kita melakukan flushing beberapa kali dan lancar.Solusinya nozzle terbawah jangan samapai sama dengan endapan.

Tidak berarti tipe magnetik tidak bagus, tentunya semua sensor ada kelebihan dan kekurangan.

Semoga dapat menjadi pertimbangan.

Terima kasih.

Tanggapan 4 – ghafur agus

pake radar lebih aman pak kalau dipakai untuk crude dibanding yang type magnetic, tapi radar yg sudah dilengkapi dengan WLS (water level sensor).

Tanggapan 5 – Triez

Rasanya saya setuju klo pake radar,klo casenya seperti itu..cuman mungkin liat budget dulu kali ya,pak..masalahnya tipe radar harganya juga lebih lumayan..selain water bottom sensor ,njenengan harus nambah Pressure Transmitter klo mo akurat,pak..sekalian temperature sensor untuk crosscheck,klo crudenya rentant terhadap suhu..biar tar losesnya bisa ketahuan untuk komparasi dipping manual..

Sebenarnya bisa saja pake Magnetik ato servo, tapi biar wire drum ga bergerak terlalu melebar mengkuti arus air, akan lebih bagus ditambahan stealing well , 10/8 /6 inch tergantung desain,nya..

Semoga membantu,

Tanggapan 6 – Erni Arifin

Dear Pak Zoel,

Pak Zoel dapat menghubungi kami dengan alamat email berkat-omega@dnet.net.id
atau menghubungi PT. Matco Asia Indonesia di nomor telepon 021-7224376.