Berapakah nilai potensial suatu pipa buried yang dikatakan pipa gas carbon steel terproteksi secara katodik jika diukur pada test point?apakah nilai tersebut berupa nilai tertentu atau range?

Tanya – mave78rick

Dear Bapak/Ibu milister,

Berapakah nilai potensial suatu pipa buried yang dikatakan pipa gas carbon steel terproteksi secara katodik jika diukur pada test point?apakah nilai tersebut berupa nilai tertentu atau range?

Tanggapan 1- Isya Muhajirin

Pak Dony,

NACE RP0169 menyatakan bahwa kriteria proteksi adalah potensial sekurang2nya negatif 850 mV pengukuran menggunakan Cu/CuSO4 sel referensi. Jadi bisa berupa range, mulai dari -850 mV dan lebih negatif dari -850mV.

Tanggapan 2 – dony soelistiyono

Dear Pak Isya,

terima kasih atas responnya.

Apakah tidak ada batasan maximumnya sampai seberapa negatif pak potensialnya karena saya pernah dengar bisa menyebabkan cathodic disbonding jika terlalu besar potensialnya (coating pipa kami menggunakan 3LPE).

Kemudian pada saat di survey dengan CIPS menggunakan current interupter, apakah range proteksi katodik tersebut sama untuk posisi instant off dan instant on?

terima kasih atas pencerahannya.

Tanggapan 3 – Isya Muhajirin

Pak Dony,

Dari agar tidak terjadi cathodic disbondment pada pipeline coating, rule of thumb-nya adalah membatasi potensial proteksi tidak lebih negatif dari -1,400 mV. Karena apabila lebih negatif akan terjadi pembentukan gas H2 yang berlebihan dan coating tidak bisa melepaskan (shielding). Biasanya ini terjadi apabila kita menggunakan ICCP system yang besar potensialnya dapat disesuaikan dengan sesuai kebutuhan.

Utk CIPS sendiri, hasilnya digunakan sebagai gambaran atas efektivitas CP system yg dimiliki. Current interrupter menyebabkan arus yg dialirkan dr T/R putus-nyambung sehingga dihasilkan informasi ‘instant-off’ yang merupakan gambaran atas potensial shifting. ‘Instant-off’ ini digunakan juga sebagai salah satu kriteria potensial acceptance, yaitu -100 mV cathodic polarization. Sepengetahuan saya, untuk ‘instant-off’ tidak ada batasannya karena pastinya lebih rendah dari potensial proteksi sewaktu ‘on’.