Dalam mendesign sebuah storage tank, ada standar khusus untuk ketinggian nozzle inlet dan outletnya tidak?

Tanya – Tri Joko Mulato

Dear all,

dalam mendesign sebuah storage tank, ada standar khusus untuk ketinggian nozzle inlet dan outletnya tidak?

mohon petunjuk mengenai hal ini.

Tanggapan 1 – -syaefrudin-

Coba lihat di API 650, pak..di situ ada requirement minimum untuk ketinggian nozzlenya. Dan sedikit yang saya tahu, ketinggian inlet & outlet tersebut akan berpengaruh ke NPSH pompanya, pak..

Tanggapan 2 – ahmadrs

baca API 650…

contohnya Table 3-6

Tanggapan 3 – Martin Rifki

Di API Std 650 11th ed. June 2007 halaman 5-24 pada table 5-6 dapat dilihat minimum distance from bottom of tank to centerline of nozzle.

Tanggapan 4 – edfarman chan

Memang ada reference di API 650 untuk perletakan nozzle secara general di tangki, seperti yang disebutkan teman-teman lainnya. Pertimbangannya disana lebih ke arah mechanical integrity design dari tangki, seperti welding, material dan fabrikasi/instalasi.

Tapi kalau specific bicara posisi INLET / OUTLET nozzle ini tidak diatur secara khusus di API 650, karena ini bisa jadi mengarah ke process system design yang terkait dengan tangki yang sedang dikembangkan. Misalnya: Seperti yang telah disebutkan Pump NPSH, Tank Capacity, Working Volume dari tangki, Working Time Required, Dead Volume, Tank Sizing & Type, Free Space on the top of tank (in case of floating roof tank), Possibility Kondensasi, Ada Draw-off pan or not, Instalasi Fire fighting system, etc, etc.

Ini harus didiskusikan juga dengan orang process & mungkin fire fighting department.

Semoga bisa sedikit membantu.