Untuk belajar PLC Anda harus mengerti prinsip Digital dengan gerbang-gerbang logikanya sbg dasar. Mungkin tahap selanjutnya adalah belajar lebih kearah software terlebih dahulu, seperti pembuatan ladder diagram, maunya dalam bentuk ‘rung’ or bahasa pemograman biasa. Setelah paham dan menguasai softwarenya, silahkan Anda masuk ke hardware yg digunakan bisa berupa Omron dll, pelajari supply daya, slot input output serta interface antara software dan hardware tersebut. Utk satu set PLC itu harganya bisa masuk angka belasan juta, jd saya lebih menyarankan Anda utk ambil kursus daripada beli sendiri.

Tanya – sylvia agustiny

Rekan-rekan milist,

Ada yang bisa membantu untuk pembelajaran instrument control (PLC base) yang dipakai di oil and gas industry? seperti pemakaiannya untuk menggambar P&ID diagram.
mungkin ada referency atau contoh2 or sampel2 p&id yang bisa dipakai untuk membantu
memahami hal ini?

Tanggapan 1 – Sonny Dhamayana

Bu Silvia,

Bisa akses website mrplc.com disana setelah melakukan registrasi akan mendapatkan authorized untuk mengunduh file2 tentang PLC dari level beginner hingga advanced. Selain itu ada juga file2 simulator PLC yang bisa diunduh secara gratis, serta bila masih kurang jelas bisa masuk ke forum discussion dimana pertanyaan yang masuk akan di guide oleh expertised PLC dari penjuru dunia atau bila pertanyaannya adalah perulangan atau repeated question maka biasanya administrator akan memberikan kita link menuju advised atau jawabannya.

Tanggapan 2 – budi yuwono

sedikit tambahan Bu Sylvia,

mungkin ada yang perlu diluruskan Bu, P&ID adalah piping and instrument diagram. sementara PLC adalah programmable logic controller. untuk menggambar P&ID bisa digunakan program2 gambar spt autocad atau program2 yg lain. memang benar bahwa di P&ID ada symbol2 untuk field device, DCS maupun PLC. mengenai symbol2 tersebut di P&ID (termasuk PLC) bisa refer ke ISA-S5.1 (instrument symbol and identification). jadi kalau boleh saya sampaikan bahwa PLC bukan dipakai untuk menggambar P&ID, tetapi digunakan untuk automation system, baik berupa BPCS (PLC dengan I/O analog) maupun untuk interlock (SIS).

Tanggapan 3 – Sonny Dhamayana

Sebagai tambahan informasi P&ID dalam system PLC atau Control System bisa juga berarti Proportional Integral Derivative Control, nah diagram ini yang akan dicover oleh PLC, sementara untuk P&ID dalam pengertian Instrument Symbol dan Identification adalah seperti yang dijelaskan dalam ISA 5.1 yang saat ini release terbarunya ada pada 2009 edition (Edisi 18 September 2009) yang mencakup hal2 yang mandatory dan non mandatory berikut beberapa tambahan dan klasifikasi symbol dan identifikasi yang sebelumnya tidak terdapat pada edisi sebelumnya.

Tanggapan 4 – misbah el munir

download aja di situ milis migas /www.migas-indonesia.net..bagian instrument ada banyak kok tutorialnya.

Tanggapan 5 – WIdy Rotib

dear kawan sylvia,

coba kunjungi website plc.tf.itb.ac.id, klo g salah lagi ada training yg diadakan dsana…biayanya cukup murah kok… kualitas trainernya jg lumayan… 🙂

Tanggapan 6 – heruyana akbar

betul mas, tinggal download di web site tsb, atau kalu masih perlu assis, sy dengan senang hati bisa membantu sejauh kemampuan saya.

Tanggapan 7 – Pr. Galih

Sekedar ikut berkomentar,

mungkin judulnya jadi: antara P&ID dan PID Control…:)

Jika melihat pemilihan kata dari ibu Sylvia,yaitu menggambar P&ID, menurut saya yang dimaksud oleh ibu Sylvia adalah Process and Instrumentation Diagram rather than PID control.

Sepanjang yang saya tau,PID control tidak pernah dituliskan dalam bentuk P&ID Control (dengan menggunakan tanda ‘&’), biasanya cukup PID,PI,PD saja. selain itu kalo kita bicara mengenai programming PLC khususnya membuat sebuah PID control, saya pikir tidak pas kalo kita menyebutnya ‘menggambar PID’.

Namun di satu sisi, yang lebih dekat kekerabatannya dengan ‘belajar instrument control (PLC Base) adalah ‘PID control’ rather than ‘P&ID’. yah..memang cukup membingungkan 🙂

Mohon maaf untuk kurang lebihnya.

Tanggapan 8 – Novriandy Darmawan

Bapak2 sekalian,

Saya ingin sekali belajar PLC dari dasar tapi kurang tau harus mulai darimana. Karena yang saya tahu dari tengah alias midle skill tapi gak tau dasar dan gak tau advancenya…

Tanggapan 9 – yose ma’ruf

Kalau hanya sekedar PLC, bisa coba kontak ke FESTO (lokasi di arteri pondok indah / jln sultan iskandar muda, Jakarta).

Tanggapan 10 – touke_dedek

Apa itu festo pak?

Lembaga kursus atau apa?

Tanggapan 11 – ruri sugiarto

Pak Novriandy,

Mencoba membantu, utk belajar PLC Anda harus mengerti prinsip Digital dengan gerbang-gerbang logikanya sbg dasar. Mungkin tahap selanjutnya adalah belajar lebih kearah software terlebih dahulu, seperti pembuatan ladder diagram, maunya dalam bentuk ‘rung’ or bahasa pemograman biasa. Setelah paham dan menguasai softwarenya, silahkan Anda masuk ke hardware yg digunakan bisa berupa Omron dll, pelajari supply daya, slot input output serta interface antara software dan hardware tersebut. Utk satu set PLC itu harganya bisa masuk angka belasan juta, jd saya lebih menyarankan Anda utk ambil kursus daripada beli sendiri. Semoga membantu..

Tanggapan 12 – riksha lenggana

Pak Novriandy,

Mungkin anda bisa mencari di goxxle, tutorial untuk belajar PLC.
Saya punya beberapa e-book untuk belajar PLC (PLC for Dummies) yang saya koleksi sebelum saya beralih ke Oil&Gas Industry.
Menurut saya, belajar PLC adalah pemahaman Logika, Sebab & Akibat.
Seperti halnya belajar bahasa pemrograman komputer.

Bila anda / rekan2 milis berminat dengan koleksi e-book saya, mohon japri aja ya.

Tanggapan 13 – WIdy Rotib

mas mas KMI… minta tolong ajarin dong….

aku disuruh integrasi pressure sensor ke PLC Schnieider, HMI XBTL, dan VSD Altiva 31. Jadi rencananya, selain mode otomatis yg telah terprogram di PLC menggunakan Twido soft (remote), bisa jg set point di otak atik via HMI XBTL (terminal), dan melalui display VSD (local). Sementara komunikasi antara I/O analog PLC Twido soft dilakukan via modbus. Aku mau nanya mas, gmana caranya menggunakan macros di Twido Soft agar VSD yang bersangkutan terangsang untuk melakukan kerja via modbus?

mohon bantuannya,