Di bukunya disyaratkan bahwa RPE adalah satu atau lebih Professional Engineer yang terdaftar di satu atau lebih di States di Amerika atau propinsi di Kanada dan berpengalaman dibidang disain pressure vessel. Setelah pressure vessel selesai dibuat maka Manufacturer’s Design Report juga harus disertifikasi oleh RPE tapi orangnya harus berbeda.

Tanya – Soleh Sudarmaji(Private)

Dear Kawans MIGAS,

Kami sedang membutuhkan contact dengan Person RPE untuk mengesyahkan design vessel Div. 2 kami, apakah ada diantara teman yang biasa berhubungan dengan mereka? Mohon sharing-nya.

Tanggapan 1 – Teddy A Setiawan

wah ngga ada yang reply nih…

pak soleh mungkin bapak bisa coba kontak alamat dibawah

PERSATUAN INSINYUR INDONESIA (PII)

BADAN KEJURUAN TEKNIK MESIN

Ketua : Dr. Ir. Budhi M. Suyitno, IPM

Jl Halimun No. 39

Jakarta 12980

Tanggapan 2 – Dirman Artib

Memang kayaknya Insinyur di Migas, jarang yang pake PII, tapi denger2 sekarang kalo ada tender ada persyaratan tertentu bagi BIDDER terhadap jumlah minimal Insinyur yang dikualifikasi PII.

(Ada lagi nih setelah KTKLN ya ).

Tanggapan 3 – T. Rizal H.

Sekedar menambahkan, RPE disini maksudnya untuk mensertifikasi User’s Design Specification dari Pressure Vessel yang dibuat berdasarkan ASME Section VIII Div 2 sebelum pekerjaan dimulai.

Di bukunya disyaratkan bahwa RPE adalah satu atau lebih Professional Engineer yang terdaftar di satu atau lebih di States di Amerika atau propinsi di Kanada dan berpengalaman dibidang disain pressure vessel.

Setelah pressure vessel selesai dibuat maka Manufacturer’s Design Report juga harus disertifikasi oleh RPE tapi orangnya harus berbeda.

Demikian sedikit yang saya tahu dan saya juga tidak tahu. Fabrikator yang sering membuat ASME U2 stamp sepertinya tahu, seperti SSB.

Tanggapan 4 – Dirman Artib

Ooo….untuk ASME U stamp emang PE nya bang US.

Gak laku PE nya bang PI’I

Lanjut…

Tanggapan 5 – muhammad rifai

koq spertinya rancu pak….

ini untuk U stamp atau untuk U2….

mungkin yang dimaksud bang Dirman yang selalu Art adalah Authorized Inspector, benerkah?…

setau saya untuk Ustamp emang perlu AI dari asme… kalo asme ya emang US…

kalau yang dimaksud propesional enjiner untuk U2 stamp, kalo nggak salah sekarang nggak perlu lagi dari US… monggo dipun check di ASME Div 2 keluaran terbaru…

Tanggapan 6 – T. Rizal H.

Dear Pa Rifai,

Betul, ini hanya untuk U2 stamp.

Isi ASME Section VIII Div 2 berubah total sejak Addenda 2007, demikian juga cara sertifikasinya tidak hanya oleh RPE saja karena ASME ingin produk ASME dapat masuk ke negara-negara eropa.

Lebih baik ditanyakan lebih lanjut ke ASME Authorized Inspector dari masing2 fabricator dimana produk tersebut akan dibuat, Authorized Engineer siapa saja selain RPE yang bisa mensertifikasi U2 Stamp.

Tanggapan 7 – Eko Drajat, Nugroho

yg saya tahu (pls dikoreksi kalau salah), bicara sualan Pressure Vessel, bbrp fabrikator nasional sdh mendapat sertipikasi U-Stamp (Std ASME gitu kira2).

Sehingga produk keluarannya dijamin sahih dilihat dr segi desain dan proses fabrikasinya ….. karena mulai proses desain dan fabrikasinya sdh sesuai dg nahwu dan balaghah yg ada dalam kitab ASME nya …….

Silakan akalau ada yg mau menambahken …….

Tanggapan 8 – Ginting Rasidin

Saya coba ikut nimbrung,

Sepengetahuan Saya, dimana pada waktu membangun spherical Tank menggunakan Code ASME Sec VIII Div. 2 dengan Persyaratan U2 Stamp, sbb:

1. Semua Engineering Design dan Drawing harus di Appropal oleh RPE, dan waktu itu Engineering dilakukan oleh Perusahaan Singapore dan RPE Personnya dari Lloyds Singapore.

2. Untuk Erectionnya diawasi dan di Approved oleh Person ASME dari Indonesia (waktu itu Alm Bp. Matudi). dengan demikian di Indonesia juga ada Perwakilan ASME yang dapat mengapproval Erectionnya.

Demikian sebagai tambahan dan mungkin teman-teman dari Fabricator dapat lebih menjelaskan hal ini secara detail, termasuk Personnel ASME tersebut.

Semoga dapat membantu

Tanggapan 9 – Yansen

Sedikit menambahkan, yang pernah kami lakukan menggunakan LR.

Coba hubungi PT. Lloyd’s Register Indonesia

Telp: 5760 884 dengan Bp. Darobi

Tanggapan 10 – Magabe, Hasrat@petrofac

Mungkin yg berikut saya kutipkan dari ASME VIII Div. 2 Edition 2007 add. 2009 (july 2009) bisa membantu,

Tanggapan 10 – Soleh Sudarmaji(Private)

Dear Temans MIGAS,

Thanks pencerahannya, sudah kami dapatkan dengan BECHT Engineering (www.becht.com).

Terima kasih.