Untuk Vessel yang sudah beroperasi acuannya ada di NBIC, meskipun dalam NBIC dikatakan utk kalkulasi refer to original code (ASME Sect VIII Div 1 or 2), NBIC tidak mengharuskan hydrostatic test kembali setelah repair, alteration ataupun re-rating, tapi kita tetap harus menghitung besarnya MAWP (MAWP vessel diambil dari nilai terendah dari masing2 komponen pressure part). Tapi kita harus melaporkan pada statutory apabila terjadi perubahan design (dalam hal ini migas) untuk diresertifikasi.

Tanya – arkeno

Dengan hormat,

Mohon informasinya,apakah ada ketentuan di ASME Sec.VIII div.1 apabila kita memodifikasi Pressure Vessel yang sudah dipergunakan selama 20 tahun seperti penambahan nozzle(instrument conection)perlu dilakukan Hydrotest kembali berdasarkan MAWP corroded condition. Dan apakah bila dilakukan hydrotest kembali di site perlu di buka seluruh isolasinya.

Trimakasih sebelumnya atas informasi yang diberikan.

Tanggapan 1 – andi yan

Pak Arkeno,

Sekedar mencoba menjelaskan bahwa untuk Vessel yang sudah beroperasi acuannya ada di NBIC, meskipun dalam NBIC dikatakan utk kalkulasi refer to original code (ASME Sect VIII Div 1 or 2), NBIC tidak mengharuskan hydrostatic test kembali setelah repair, alteration ataupun re-rating, tapi kita tetap harus menghitung besarnya MAWP (MAWP vessel diambil dari nilai terendah dari masing2 komponen pressure part). Tapi kita harus melaporkan pada statutory apabila terjadi perubahan design (dalam hal ini migas) untuk diresertifikasi. Jika ada masukan tambahan rekan2 monggo.

Tanggapan 2 – Sugeng Hariyadi

Pak Arkeno,

Sekadar tambahan, bahwa pemakaian ulang sebuah vessel yg umurnya lebih dari 5 thn mesti harus di re-inspect utk ketebalan cell dg melakukan UT tickness, apakah vessel tersebut masih layak pakai ato tidak yg diakibatkan oleh tingkat korosi pada pemakaian di plant sebelumnya, dan di cocokkan kembali dg MAWP yg diijinkan pada vessel tersebut. Perlu di garis bawahi bahwa dari hasil pengecekan tersebut bisa dipakai utk bahan acuan pd plant yg baru berapa tekanan inlet utk vessel tsb.
Kalau pd plant yg baru tekanan utk inlet lebih besar dr pd MAWP dg pertimbangan korosi, di sarankan jangan di pasang. Utk masalah ini sebaiknya anda pelajari dulu calculation notenya.

Utk vessel bekas baik pada ASME VIII ato NBIC ato NACE, memang secara explisit tidak menguraikan permintaan re-hydrotest, dan itu dikembalikan lg pada spec cliant yg sudah disepakati dlm contract.
Satu hal lg, anda sebaiknya jg harus dapat informasi berapa corosion allowance yg di ijinkan pertahunya di plant yg baru. Sehingga hasil UT thickness yg sudah dilakukan bisa dipakai jg utk bahan input perhitungan MAWP yg baru.
Jangan lupa pak, bikin name plate yg baru setelah ada re-inspeksi dg mencantumkan detail data termasuk MAWP yg baru.
Kalau vessel bekas tsb di import dari luar, anda wajim memasukkan dalam NB list sesuai peraturan MIGAS.

Moga tambahan info ini bisa sdkit membantu.