Kalau kita bicara standard coating banyak sekali. Tapi jika sudah bicara standard untuk project tertentu, seharusnya mengacu pada spec. Sekecil apapun projectnya, kalau tanpa spec tidak akan ada dasarnya.

Tanya – Tri Wiyarso

Dear All,

Minta tolong bantuannya untuk referensi mengenai coating pipe.
Saya sedang mencari standart untuk menentukan hasil coating pipe ( bitumen coating ), untuk menentukan apa pipe OK, apa ngak OK.
kondisi yang sering muncul adanya peal off di karenakan kondisi scale, juga karena peal off karena efek mekanik sewaktu pipa di pindahkan di yard.

Tanggapan 1 – Sketska Naratama

Dear pak Tri

Spec nya onshore / offshore?

Tanggapan 2 – Tri Wiyarso

Dear Pak Sketska,

Kalau ada standart dua duanya juga boleh, hanya kebanyakan pipe dipakai di offshore.

Tanggapan 3 – Ichsan H Utomo

Dear Pak Tri,

Kalo kita bicara standart coating banyak sekali, Pak. Tapi jika Bapak sdh bicara standart untuk project terstentu, seharusnya mengacu pada spec. Mohon maaf Pak, apa ada spec-nya? Sekecil apapun project Bapak, kalo tanpa spec saya rasa tidak akan ada dasarnya. Thanks.

Tanggapan 4 – syaf rizal

Dear Pak Tri….

Saya coba sharing sependek apa yang saya ketahui….

Untuk peel off tersebut termasuk reject pak (judgmentnya bapak bisa mengacu ke ISO 4628/50, baik peel off karena mechanical damage atau pun peel off karena coating failure.

Peel off karena mechanical damage ini memang sulit di hindari pak karena hal ini berhubungan dengan handling. Dan biasanya hal ini sering terjadi dan biasanya akan di rectify dan di repair/touch up setelah di join atau di erection atau ketika tidak ada lagi process movement.

Peel off dari coating failure biasanya terjadi karena preparation yang kurang bagus (mungkin ada kondesasi atau ada kontaminasi lain saat di apply), atau juga bisa terjadi jika coating system yang digunakan tidak sesuai. Untuk hal ini bapak bisa diskusikan dengan paint manufacture representative sehingga bisa di temukan sumber masalah yang sebenarnya dan cara mengatasinya..

Demikian yang saya ketahui pak…..

Mohon maaf kalau tidak membantu…