Beberapa peraturan HSE di dalam jobsite sebenarnya bisa (dan lebih baik) dibawa pada saat di lingkungan umum (luar jobsite), al: mematikan mesin R4 saat refueling, pematuhan batas kecepatan, dan tidak menggunakan hp saat mengemudi.

Tanggapan 1 – Eko Drajat, Nugroho

Kalau kita naek motor bebek mau isi BBM mau gak mau ya harus turun karena tangki ada di bawah jok. Kalau naek motor laki (sport) kan sebenarnya gak perlu turun dari motor kalau lagi isi BBM.

Tapi kalau kita isi BBM di Pompa BBM Shell tetep diminta turun dari kendaraan walau kita naek motor sport.

Ada yg tahu kenapa ?? karena alasan faktor etika atau keselamatan ??

Tanggapan 2 – Raditya Joko Aryanto

Safety pak, sudah jelas kalau misalkan terjadi hal hal yang tak diinginkan, maka orang yang berdiri akan lebih cepat menghindar daripada yang masih duduk di atas motor.

Demikian pendapat saya pak.

Tanggapan 3 – yose ma’ruf

Mungkin perlu ditanyakan dahulu ke operator di SPBU Shell.

Tanggapan 4 – rizky feryansyah

Kalau menurut saya, lebih ke faktor safety.. bisa saja saat mengisi ada percikan api atau semacamnya yang bisa menimbulkan ledakan.

Tanggapan 5 – Andri.Jaswin

Bagian dari keselamatan juga sic, tapi yg jelas analisa saya simple aja. Agar si pengendara tidak terkena percikan BBM atau pun luberan BBM saat diisi penuh. Ini bagian dari service atau pun pelayanan meraka, untuk mencegah menjaga hal2x tsb di atas tidak terjadi dan akan menjadi suatu komplinan bagi pelanggan.

Tanggapan 6 – Eko Drajat, Nugroho

Ada yg pernah nyoba ke SPBU Petronas atau Total apa ya di suruh turun juga ??

Tanggapan 7 – Muhammad Redjoso

Pak Eko,

Saya pernah tanya ke operator SPBU shell, alasan mereka adalah jika terjadi api karena flashing atau self combust, atau minimal bensinnya tumpah atau mbleber, kita sebagai pengendara terlindungi karena tidak sedang berada diatas motor dan tidak sedang menjepit tangki..jadi bisa langsung menjauh dan dilakukan tindak pengamanan..atau dengan logika sederhana, setidaknya celana kita tidak kena bensin..

saya sendiri dari awal punya motor laki selalu turun kalau sedang mengisi bensin, baru2 ini aja disuruh turun duluan di shell..

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan ini dapat dilihat dalm file berikut: