Performance test, apalagi dihadiri oleh vendor, akan dilakukan dengan kondisi sesuai dengan operating conditions yang tertera di datasheet, baik fluida maupun parameter lainnya. Biasanya bahkan testnya dilakukan sampai mencapai design conditions.

Tanya – Hammam Faza

Dear member milis Migas semua,

Mohon pencerahannya, saya ada reciprocating pump yang hendak di performance test.Pompa ini fluid servicenya adalah diesel oil.

Tujuan pengetesan untuk mendapat nilai vibrasi dan dicek juga discharge pressurenya apakah bisa dicapai tidak pressure yang diinginkan.

Apakah fluida tesnya boleh air atau harus sesuai fluid servicenya ?Jika ada refensi standard yang bisa saya pegang mohon sharenya.

Terimakasih.

Tanggapan 1 – Miftahul Arif

Dear pak Hammam,

Sebaiknya pompa tersebut ditest dengan fluid servicenya. karena pastinya pompa bapak di desain dengan properties dari fluid service tsb kan ?? Perbedaan properties fluida (air Vs diesel fuel) cukup berpengaruh terhadap performa pompa.

Apalagi ini performance test, yang mungkin kaitannya dengan warranty performa pompa bapak.

Tanggapan 2 – Simeon S. Ginting

Pak Faza,

Setahu saya, yang namanya performance test, apalagi dihadiri oleh vendor, akan dilakukan dengan kondisi sesuai dengan operating conditions yang tertera di datasheet, baik fluida maupun parameter lainnya. Biasanya bahkan testnya dilakukan sampai mencapai design conditions.

Tanggapan 3 – Ilham B Santoso

Ikut menambahkan sedikit, saya lebih cenderung mengunakan fluid service nya (Solar) meningat ini adalah reciprocating pump maka banyak komponen seal dan O-ring yang mungkin materialnya sudah dipilih sesuai fluid servisnya. Mengingat air dan solar (hidrocarbon) memiliki sifat kimiawi yang jauh berbeda selain properti fisiknya (specific grafity, tekanan uap, dll, yang mana untuk performance test dapat saja dilakukan koreksi perhitungan) maka menurut saya tidak merekomendasikan menggunakan air sebagai pengganti solar untuk pengetesan performance.

Tanggapan 4 – Hammam Faza

Terimakasih masukannya. Ada satu lagi yang ingin ditanyakan, jika suatu pompa capacitynya katakanlah 150 barrel per day.
Bagimana menentukan jumlah air atau fluida yg diperlukan untuk pengetesan ini untuk closed circuit (keluaran pompa dimasukkan lagi ke tanki yg dipakai).

Terimakasih.

Tanggapan 5 – Aurora Firdaus

Coba cek API 610 para 7.3.4.7.2 ‘…the pump shall be mechanically run for 4 hrs. Unless otherwise specified or agreed, this run shall be performed at rated flow.’

Menjawab pertanyaan sebelumnya, pump overload will occur during run-in with water for pumps that handle fluid of lower specific gravity than that of water. cmiiw, sg utk diesel oil < air.

Tanggapan 6 – rez_pt

Performance test di manufacturer’s factory atau di lapangan pak? Idealnya dan jika memungkinkan lebih baik menggunakan diesel oil. Kalau pengalaman saya, jika test di factory, selalu substitusi dengan air, karena factor utamanya cost.. Tetapi jika sudah di install di lapangan, lebih baik menggunakan designated fluid.