Semua modul di SAP dapat diterapkan di perusahaan migas, pastinya sesuai cakupan proses bisnis perusahaan. Sejauh yang saya tau modul yang paling banyak di terapkan di perusahaan migas antara lain: MM, PM, FA, CO, IM, PS, JVA, HR.

Mengenai proses pembelajarannya SAP, learning by doing menurut saya adalah best approach, tapi kalo memang belum ada kesempatan untuk terjun langsung, kita tetap masih bisa belajar dari tutorial SAP yang saat ini sudah mudah untuk kita dapatkan di internet.

Tanya – Ending P. Nugroho

Rekan Milis Migas,

Ada yang bisa sharing mengenai penerapan aplikasi SAP di industri Migas?

Dari milis lain yang saya ikuti, didapat informasi bahwa beberapa perusahaan migas menggunakan SAP u/ aplikasi bisnisnya seperti ExxonMobil dan juga Pertamina (mySAP). Sejauh ini saya hanya membaca beberapa artikel tentang SAP secara umum, tidak menggunakannya secara langsung, karena perusahaan tempat saya bekerja sekarang sampai saat ini hanya menggunakan SAP di modul HRD saja. Kira2 apakah efektif mempelajari SAP secara otodidak, tanpa nmenggunakannya langsung? Modul2 apa saja dalam SAP yang biasa digunakan oleh perusahaan migas?

Terima kasih.

SAP Oil And Gas Training Course

===============================================

IOG100 – Primary & Secondary Distribution with SAP Oil & Gas

IOG150 – Oil & Gas Industry Supply Chain

IOG320 – Oil & Gas Exchanges Business

IOG330 – Bulk Transportation and Shipment Costing

IOG340 – Bulk Scheduling

IOG350 – Service Station Retailing

IOGW40 – Joint Venture Accounting (JVA)

IOGW50 – Offshore Logistics Management (IS-Oil)

SAP OIL & GAS Overview – Presentation

Tanggapan 1 – oase.sahara

Pak Nugroho dan Rekan Milis Migas,

Sekedar sharing sedikit, saat ini memang sudah banyak perusahaan migas yang menerapkan SAP untuk mendukung proses bisnisnya, antara lain: Medco, Pertamina, Exxon, CNOOC, Kodeco, JOB Hess Jambi Merang, BP, Shell.

Sejauh yang saya tau SAP sendiri memiliki beberapa area, antara lain:

Logistic

meliputi : Materials Management ; Sales and Distribution ; Plant Maintenance ;

Production – Process ; Quality Management Accounting

Meliputi: Financial Accounting ; Controlling ; Investment Management ; Project System ; Joint Venture Accounting

Human Resources

Meliputi: Personnel Management ; Time Management ; Payroll .

Semua modul di SAP dapat diterapkan di perusahaan migas, pastinya sesuai cakupan proses bisnis perusahaan. Sejauh yang saya tau modul yang paling banyak di terapkan di perusahaan migas antara lain: MM, PM, FA, CO, IM, PS, JVA, HR.

Mengenai proses pembelajarannya SAP, learning by doing menurut saya adalah best approach, tapi kalo memang belum ada kesempatan untuk terjun langsung, kita tetap masih bisa belajar dari tutorial SAP yang saat ini sudah mudah untuk kita dapatkan di internet. Karena memang untuk training SAP itu sendiri di indonesia cukup terbatas dan mahal.. 🙂 (*menurut saya).

Mungkin itu sedikit yang bisa saya share, silahkan kalo ada rekan2 yang ingin menambahkan.

Tanggapan 2 – fyesiriani

Pak Ending

Di perusahaan tempat saya bekerja menggunakan SAP dan kebetulan saya salah satu usernya.
Banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh dari SAP, karena sifatnya real time online, terlebih apabila perusahaan anda memiliki jaringan internasional yang tersebar didunia, SAP akan sangat membantu sekali dalam menjalankan bisnis suatu perusahaan.
Banyak sekali modul-modul SAP yang bisa dipelajari. Setahu saya modul apa saja yang harus dipelajari tergantung dari paket SAP apa saja yang dibeli oleh suatu perusahaan, karena pasti penggunaannya akan berbeda-beda di setiap perusahan.
Apakah SAP bisa dipelajari secara otodidak menurut saya bisa/tidak bisa, karena ada beberapa transaksi yang bisa dipelajari sendiri dengan mencoba-coba mempraktekkan modul tetapi ada transaksi yang lebih kompleks sehingga perlu diadakan training khusus.

Tanggapan 3 – Gunawan Siregar

Rekan Nugroho,

Ijinkan saya sharing sebagai salah satu user SAP di industri Migas yg mengalami sendiri proses migrasi dari ‘Old Systems’ (yg tidak terintegrasi) ke SAP system yang merupakan sistem terintegrasi. Sebelum datang SAP, Maintenance & Production memakai sistem dari vendor tersendiri ( MIMIC), Keuangan pakai sistem sendiri (JD Edward), HR/GA pakai sistem sendiri (IBM AS/400). Karena tidak teringrasi inilah maka dipakai sistem SAP yang terintegrasi, bersifat moduler dan memakai ABAP (Advanced Business Application Programming). Modul2 yang dipakai perusahaan tentu tergantung proses bisnis dari perusahaan ybs. Modul2 yang tersedia misalkan : PP (Production Planning), MM (Materials Mgmt), SD (Sales & Distribution), PM (Plant Maintenance), HR (Human Resources), QM (Quality Management), FI (Financial Accounting), CO (Controlling), AM (Asset Mgmt), PS (Project System), WF (Workflow), IS (Industry Solutions),etc..etc. Perlu dicatat bahwa modul tidak harus sama dgn menu di tampilan Main Screen, namun tergantung kebutuhan proses bisnis perusahaan. Beberapa modul bisa saja dijadikan dalam satu menu, misalkan saja Logistics Menu bisa mencakup MM, PM,PP, QM, SD,dsb..dsb. Pengalaman saya kalau untuk jabatan engineer (kebetulan saya pernah jadi Facilities Engr, Maintenance Engr dan Project Engineer di perusahaan PSC), Logistics Menu ini yang banyak dipakai (CMIIW). Kalau mau belajar autodidak saya kira mungkin bisa saja, tetapi tidak akan efektif/secepat kalau praktek langsung atau mengikuti kursus resmi dari SAP training providers. Mudah2an bisa sedikit membantu meramaikan.