Select Page

Untuk keperluan Complete reliability monitoring dari centrifugal compressor, secara praktikal kita membutuhkan on line (continous) monitoring yang mencakupi radial vibration monitoring, axial movement monitoring, process variable, surge dan performance chart monitoring.

Tanya – Mie Gelas

Dear Rekan Milist,

Mohon pencerahannya. Dalam persfektif seorang rotary engineer / realibility engineer, hal2 apa saja (parameter parameter apa saja) yang perlu atau dianggap penting untuk diketahui guna menganalisa / mengetahui kondisi dan performansi dari sebuah rotary equipment (centrifugal compressor) ?

Terima kasih atas infonya.

Tanggapan 1 – Rury Novrian

Pak Barito,

Untuk keperluan Complete reliability monitoring dari centrifugal compressor, secara praktikal kita membutuhkan on line (continous) monitoring yang mencakupi radial vibration monitoring, axial movement monitoring, process variable, surge dan performance chart monitoring.

a.. Radial vibration and axial monitoring diperlukan untuk mengetahui kondisi dan karakteristik rotordynamic (radial vibration) dan axial movement dari compressor pada saat start up/shutdown, steady state with minimum load dan steady state with full load. untuk start up dan shut down, hal ini sangat diperlukan dalam menganalisa seberapa besar , seberapa banyak dan pada speed berapa balance resonance terjadi pada compressor tsb. sedangkan untuk steady state, kita bisa mengetahui performance rotor dynamic (Radial vibration) dan axial dari compressor disaat kita menambah/mengurangi load compressor.

b.. Process variable, berupa data trending dari pressure dan temperature dari compressor selama beroperasi. process variable biasanya sudah tersedia dalam paket dcs atau plc dari compressor.

c.. Surge dan performance chart, biasanya sudah menjadi bagian dari paket dcs atau plc dari compressor tersebut.

saat ini banyak tersedia software dan hardware untuk memenuhi keperluan diatas. Ada juga vendor yang juga telah menyediakan sebuah software sebagai platform dasar bagi semua modul feature tsb diatas, sedangkan untuk hardwarenya mereka tetap memakai hardware vibration monitor yang selain dilengkapi dengan vibration/axial modul juga dilengkapi dengan modul process variable sedangkan untuk software performance chartnya biasanya dalam bentuk modul software.

semoga menbantu.

Tanggapan 2 – Mie Gelas

Dear Pak Rury dan Pak Agung dan rekan milist,

terima kasih atas penjelasannya, sangat membantu…

Pak saya masih menyimpan pertanyaan tentang hubungannya grafik pressure coefficient (Mu) vs efficiency (%Q/N). grafik ini dipakai untuk menentukan kondisi yang bagaimana dari centrifugal compressor ? apakah ada korelasinya dengan preventive / predictive maintenance yang biasanya dilakukan ?

kalau analysis vibrasi digunakan untuk mengidentifikasi defects pada bagian bagian compressor (rotor unbalance / misalignment, Labyrinth, bearing, dll).
dan surge dan performance chart digunakan untuk anti surge protection.
nah kalau grafik Mu vs %Q/N ini digunakan untuk menganalisa kondisi yang bagaimana Pak?
adakah hubungan secara matematis (Mu dengan efficiency) ?

Pak Rury dan Pak Agung, terima kasih atas waktunya

Tanggapan 3 – Ilham B Santoso

Prestasi kompresor sangat tergantung dari jenis gas kerja, kondisi lingkungan yang geometri serta jumlah tingkat dari kompresor. Untuk itu biasanya vendor kompresor akan menyajikan tabel-tabel dari parameter non dimensional seperti pressure coefficent, flow coefficient dan hubungannya dengan efisiensi. Dengan demikian user dapat memilih geometri dan jumlah tingkat dari kompresor yang optimal untuk kebutuhannya.

Sebagai contoh, harga pressure coefficient berbanding lurus dengan head kompresor dan berbanding terbalik dengan jumlah impeller, kuadrat kecepatan putar poros, dan kuadrat diamater impeler. Maka dari melihat harga Mu tersebut kita dapat ‘membayangkan’ konfigurasi dan geometri kompresor.

Salam, semoga membantu

Tanggapan 4 – Mie Gelas

Selamat sore,

setelah membaca beberapa literatur ‘turbocompressor design application considerations’ serta pencerahan2 dari rekan milist sangat membantu saya untuk lebih mengerti parameter2 pada rotary equipment yang perlu untuk dimonitoring :>,

terimakasih Pak Ilham untuk masukannya, salam buat Pak Nanang dan Pak Alex.

Share This