Select Page

Mengapa kita menggunakan steam? Steam telah mengalami perjalanan jauh dari mulai hubungan tradisionalnya dengan lokomotif dan Revolusi Industri. Sampai kini steam merupakan bagian penting dan tidak terpisahkan dari teknologi modern. Tanpa steam, maka industri makanan kita, tekstil, bahan kimia, bahan kedokteran, daya, pemanasan dan transportasi tidak akan ada atau muncul seperti sekarang ini. Steam memberikan suatu cara pemindahan sejumlah energi yang terkendali dari suatu pusat, ruang boiler yang otomatis, dimana energi dapat dihasilkan secara efisien dan ekonomis, sampai ke titik penggunaan. Steam yang bergerak mengelilingi pabrik dianggap sama dengan transportasi dan penyediaan energi.
Untuk beberapa alasan, steam merupakan komoditas yang paling banyak digunakan untuk
membawa energi panas. Penggunaannya terkenal diseluruh industri untuk pekerjaan yang
luas dari produksi daya mekanis sampai penggunaan proses dan pema nasan ruangan.

1. PENDAHULUAN

Bab ini menjelaskan tentang steam, sifat-sifatnya dan mengapa kita menggunakan steam.

1.1 Mengapa kita menggunakan steam?

Steam telah mengalami perjalanan jauh dari mulai hubungan tradisionalnya dengan
lokomotif dan Revolusi Industri. Sampai kini steam merupakan bagian penting dan tidak
terpisahkan dari teknologi modern. Tanpa steam, maka industri makanan kita, tekstil, bahan kimia, bahan kedokteran, daya, pemanasan dan transportasi tidak akan ada atau muncul seperti sekarang ini. Steam memberikan suatu cara pemindahan sejumlah energi yang terkendali dari suatu pusat, ruang boiler yang otomatis, dimana energi dapat dihasilkan secara efisien dan ekonomis, sampai ke titik penggunaan. Steam yang bergerak mengelilingi pabrik dianggap sama dengan transportasi dan penyediaan energi.
Untuk beberapa alasan, steam merupakan komoditas yang paling banyak digunakan untuk membawa energi panas. Penggunaannya terkenal diseluruh industri untuk pekerjaan yang luas dari produksi daya mekanis sampai penggunaan proses dan pema nasan ruangan. Alasan dari penggunaan steam adalah:

§ Steam efisien dan ekonomis untuk dihasilkan

§ Steam dapat dengan mudah dan murah untuk didistribusikan ke titik penggunaan

§ Steam mudah dikendalikan

§ Energinya mudah ditransfer ke proses

§ Plant steam yang modern mudah untuk dikendalikan

§ Steam bersifat fleksibel

Alternatif lain selain penggunaan steam adalah air dan fluida panas seperti minyak bersuhu tinggi. Masing-masing metoda memiliki keuntungan dan kerugiannya, sebagaimana diperlihatkan dalam Tabel 1.

Selengkapnya :

Share This