Select Page

Untuk hampir semua flowmeter memerlukan jarak upstream dan downstream untuk mendapatkan flow profile yang ideal untuk diukur, hanya jenis coriolis dan cone meter yang tidak memerlukan jarak up dan downstream kalaupun memerlukan tidak sepanjang flowmeter pada umumnya (turbine, orifice ultrasonic, venturi dll) sekitar 3D tau 5D.

Tanya – Miftahul Arif

Dear All,

Mohon pencerahannya mengenai jarak minimum instalasi control valve (CV) dengan flow meter (magnetic flow meter, FI). Pada salah satu katalog vendor magnetic FI tsb, menyebut bahwa tidak diijinkan untuk install FI pada downstream CV. Apakah benar seperti ini ?

Bukannya masih diijinkan sampai dengan minimum jarak 5D (5x nominal Dia) dari FI tersebut ya? Ataukah ini prasyarat khusus untuk magnetic flow meter ?

Terima kasih sebelumnya,

Tanggapan 1 – ridwan hamdani

Pak Miftahul Arif,

Sependek pengetahuan saya untuk hampir semua flowmeter memang memerlukan jarak upstream dan downstream untuk mendapatkan flow profile yang ideal untuk diukur, yang saya tahu hanya jenis coriolis dan cone meter yang tidak memerlukan jarak up dan downstream kalaupun memerlukan tidak sepanjang flowmeter pada umumnya (turbine, orifice ultrasonic, venturi dll) sekitar 3D tau 5D.

Jarak upstream dan downsteram yang diperlukan tergantung dari obstacle (90deg elbow, 2x 90deg elbow in one plane, 2x 90deg elbow in different plane, T section, reducer, difuser atau pompa).

Untuk valve biasanya memang direkomendasikan jarak yang cukup jauh sekitar 40D untuk mendapatkan yang flow profile yang ideal.

Mohon dikoreksi jika salah…

Saya juga ada pertanyaan kepada rekan-rekan yang sudah expert dibidang flow measurement jarak upstream dan downstream untuk flowmeter mengacu ke API brp aja untuk masing2 jenis flowmeter?

Terima kasih,

Tanggapan 2 – j4ckal

Ikut sharing Pak Miftahul,

Saat ini saya bekerja di laboratorium multiphase flow, dan banyak berhubungan dengan konsiderasi pemasangan flowmeter gas/liquid. Pertimbangan dasar untuk pemasangan flowmeter adalah untuk menjamin metode bacaan flow meter adalah benar/sahih. Hal ini dapat tercapai jika aliran fluida di dalam pipa yang akan diukur dipastikan fully developed alias seluruh kecepatan partikel fluida uniform untuk seluruh permukaan /cross section pipa. Jika kecepatan cross sectional tidak sama, maka distorsi bacaan akan semakin besar.
Oleh karena itu juga diwajibkan agar seluruh pipa terbasahi (baca=terendam).

Rule of thumb yang kami gunakan adalah sebagai berikut :

1. Flowmeter diletakkan 5xdiameter pipa jika di posisi upstream tee,elbow, juction,reduction/enlargement pipe diameter

2. Flowmeter diletakkan 10xdiameter jika di posisis downstrean tee,elbow, juction,reduction/enlargement pipe diameter

3. Disarankan flowmeter diletakkan di posisi upstream valve (semua jenis) karena efek transient dari valve terhadap aliran.

4. Jika memang harus diletakkan di posisi downstream thd valve, maka efek dari valve dapat berpengaruh hingga 25xdiameter pipa.

Beberapa jenis flowmeter punya aturan yang lebih longgar/ketat terhadap rule of thumbs kami ini, akan tetapi karena kami ingin safe agar bacaan flowmeter lebih akurat maka pertimbangan general ini menjadi standard di tempat saya.

Share This