Select Page

NDT adalah salah satu uji tanpa merusak bahan terutama pada posisi sambungan las/ Material dasar, method- nya ada yang menggunakan MT (Magnetic Particle Test), PT (Dye Penetrant Test), UT (Ultrasonic Test) maupun , RT (Radiography Test) sesuai dengan yang di informasikan.

Tanya – ali ali

Dear brothers,

Background saya adalah dari T Mesin mengambil sub jur Teknik Bahan.

Beberapa waktu lalu, saya bertanya kepada teman saya dari background teknik juga mengenai NDT. Ternyata dia juga belum tahu sama sekali apa itu NDT?

Barangkali ada dari teman yang belum tahu, saya sekedar sharing informasi :

Apa itu NDT? NDT adalah kependekan dari Non Destructive test, yaitu inspeksi/test terhadap kondisi suatu pipa atau bahan atau las-lasan, apakah terdapat CRACK atau cacat pada bahan tsb, dimana test tersebut tidak menyebabkan KERUSAKAN/DESTRUKTIF pada barang yang ditest tersebut.

Sebagai contoh adalah sambungan PIPA GAS yang dilas. Pada sambungan tersebut sangat rentan terjadi CRACK (retak) yang akan merambat dan dalam periode tertentu akan berubah menjadi BREAK (patah) – insiden. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka dilakukanlah NDT (test non destruktif). Beberapa contoh test yang termasuk NDT adalah Magnetic Particle Testing. Ultra Sonic Flaw Detection. X-Ray Crawlers. Directional X-Ray. Gamma Radiography , UT -ultrasonic, WELDING INSPECTION KIT. Barangkali ada teman-teman yang lebih tahu banyak mengenai NDT, silakan menularkan ilmunya.
Terimakasih.

Tanggapan 1 – Souffuwan Budi Santoso

Mas Ali,

Coba anda cari di Om Google, mengenai Nondestructive Testing (NDT) / Nondestructive Examination (NDE).

Anda juga bisa liat di web ini:

http://www.ndt.net/ndtaz/ndtaz.php

http://www.asnt.org/ndt/primer1.htm

http://www.ndt-ed.org/GeneralResources/IntroToNDT/GenIntroNDT.htm

Tanggapan 2 – susilo wibowo

Mas Ali,

NDT adalah salah satu uji tanpa merusak bahan terutama pada posisi sambungan las/ Material dasar, method- nya ada yang menggunakan MT (Magnetic Particle Test), PT (Dye Penetrant Test), UT (Ultrasonic Test) maupun , RT (Radiography Test) sesuai dengan yang di informasikan.

Tapi intinya untuk menilai (Assessment) bahwa final dari pekerjaan tersebut terhindar dari cacat yang ada pada sambungan tersebut. Perihal Method yg digunakan sesuai dengan permintaan dan jenis cacat yang ingin ditemukan.

Contoh :

Untuk Cacat dipermukaan menggunakan method MT atau PT sesuai permintaan dari pengujian tersebut.

Sedang jika cacat nya terletak di dalam Las2an dapat diketahui melalui method RT atau UT.

Demikian informasi yang saya tentang pengujian NDT tersebut. Jika ada rekan yang punya informasi tambahan bisa sharing, dan ditunggu infonya.

Tanggapan 3 – Arbie

Agar lebih jelas pengertiannya ttg NDT/NDE…,Buka saja ASME Sect.V (section lima),

Tanggapan 4 – Rosmana Eko Saputra

Pak Arbie,

Kl semua diskusi langsung dipotong seperti ini… ya gak akan ada diskusi. maksudnya mas agus ini mengajak diskusi kita ttg NDT, kl lihat dari kata2nya sih Mas Agus ini tahu banyak ttg NDT…. jadi mari kita sharing. Dan tidak semua orang punya akses ke ASME (yang resmi loh ya, kl bajakan sih mungkin banyak….)….

Mungkin ada baiknya Pak Arbie mengutip apa yang dituliskan dalam ASME section V ini biar kita semua (termasuk saya) yang gak punya akses ke ASME mengerti….

Tanggapan 5 – Iwan Husdiantama

Kemarin waktu istirahat di rumah, ngebrowse dapat link bagus untuk download. Sayang handbook ASME nya nggak bisa didownload.

Ini linknya: http://www.pipingguide.net/2009/01/pressure-vessel-design-codes.html

Semoga bermanfaat.

NB: Harus cermat melihat link download yg sebenarnya. Karena ada program paid to click google.

Tanggapan 6 – Arbie

Pak Rosmana,

Jika setiap orang harus belajar dari Standard/Code yg original ya susah juga orang belajar sekalipun training rasa rasanya tidak ada yg memberikan Original Copy ,kecuali Standard/Code tsb dipakai untuk usaha ya kebangetan jika pakai yang bajakan ( CMIIW ).

Namun demikian untuk pengetahuan ttg NDT/NDE ,silahkan diklik link berikut :

www.ndt-ed.org/EducationResources/CommunityCollege/communitycollege.htm

Tanggapan 7 – rery dwi saputra

Dear Milister,

Menyambung diskusi masalah NDT. Yang saya ingin tanyakan mengenai batasan aplikasi dari tiap-tiap metode NDT. Kebetulan saya hanya memiliki pengetahuan mengenai Magnetic Testing dan Dye Penetrant Testing. Dan sepengetahuan saya, Dye Penetrant hanya untuk di permukaan (surface) saja, kemudian Magnetic testing hanya untuk permukaan hingga sub-surface (dekat permukaan).

Nah yang ingin saya tanyakan, berapa ketebalan maksimum yang dapat dijangkau oleh Radiographic Testing dan Ultrasonic testing, apakah terdapat hitungan tersendiri?

Tanggapan 8 – farabirazy albiruni

Dear All,

Kalau untuk general knowledge all about NDT/E googling saja anda pasti dapat source yang bejibun. Untuk tau lebih detail, anda bisa ambil sertifikasi di bidang NDT sesuai keinginan anda.

Semua metode NDT ada kelebihan dan kekurangannya. Untuk UT, terkait erat dengan attenuation factor yang sangat dipengaruhi oleh sifat material (rumus hitungan teorotisnya ada). Begitu juga untuk RT, ada juga batasan terkait dengan daya tembus dari ray apa yang digunakan sebagai sourcenya dan ada juga hitungan teoritisnya.

Mengenai ketebalan maximum yang masih bisa diperiksa sangat terkait dengan ukuran cacat seberapa kecil yang harus di detect dan tidak ada standard yang bicara mengenai ini karena sifatnya very dependent to testing condition. Example, untuk UT kalau anda ingin dapat cacat kecil maka anda harus meningkatkan frekuensi transducer UTnya, dan semakin tinggi frekuensi, the waves will die instantly artinya ketebalan maksimum yang bisa digapai oleh gelombang UT akan semakin menurun. Hal yang sama juga terjadi pada RT yang secara prinsip fisika juga adalah rambatan gelombang sama seperti UT cuma beda di frekuensi gelombang dan metode generasi gelombangnya..

mudah2an cukup membantu..

Share This