Select Page

Saya membutuhkan standard IEC Publication 61508-1 s/d 7 dan IEC 61511 sekiranya ada punya, mohon dishare. saya akan mengganti biaya copy nya.

Tanya – Prihartono

Mohon bantuan,

Saya membutuhkan standard IEC Publication 61508-1 s/d 7 dan IEC 61511 sekiranya ada punya, mohon dishare. saya akan mengganti biaya copy nya.

Tanggapan 1 – Arief Rahman

Pak Prihartono,

Standard itu ada hak ciptanya pak, jadi by law nggak bisa main copy gitu aja.

Tanggapan 2 – Prihartono

Walaaah… gaya banget neh…

Thanks kepada rekan yg sudah email lewat JAPRI.

Tanggapan 3 – Arief Rahman

Bukan apa-apa pak, soalnya IEC ada agen-nya di Indonesia (kalau tidak salah badan SNI). Jadi kalau bapak ditangkap karena resmi minta gratisan/copy di milist migas kan saya ikutan merasa bersalah.

Kalau beginian dianggap gaya, ya nggak apa-apa. Namanya juga usaha.

Tanggapan 4 – Fauzi

Pak Pri,

Memang betul apa kata Pak Arief Rachman, akan tetapi kalau implementasi dari IEC 61508 saya kira banyak di internet termasuk contoh2 kalkulasi SIL.

Sedangkan untuk inspeksi menurut saya kalau vendor sudah bisa membuktikan ada sertifikat dari lembaga internasional yang berwenang saya kira sudah cukup atau dari kontraktornya supaya memberi laporan perhitungan SIL.

Sebetulnya standard IEC 61508 dan ISA ‘Safety Instrumented System’ itu sama, cuma di ISA berisi kriteria untuk SIL 1,2,3 saja sedangkan IEC berisi kriteria untuk SIL 1,2,3 dan 4.

Jadi kalau anda membeli bisa bisa IEC atau ISA tergantung kebutuhan, misalnya untuk online buying anda bisa lewat IHS Global.

Tanggapan 5 – Arief Rahman

Pak Fauzi,

Menurut saya ada yang perlu diperjelas :

1. ‘Sedangkan untuk inspeksi menurut saya kalau vendor sudah bisa membuktikan ada sertifikat dari lembaga internasional yang berwenang saya kira sudah cukup atau dari kontraktornya supaya memberi laporan perhitungan SIL.’

Yang dimaksud sertifikat, maksudnya seritifkat apa ya ?? Apa sertifikat dari lembaga semacam TUV ?? Juga yang dimaksud inspeksi, inspeksi apa saja ??

Apakah FAT (Factory Inspection test) termasuk di dalamnya ??

2. ISA S-84 yang baru isinya sudah seperti IEC-61511. Kalaupun beda Cuma pada grandfathering clauses. SIL-nya juga sudah SIL 1 – 4. Mungkin yang anda maksud ISA S-84 keluaran 1996 yang masih adopt SIL 1 – 3.

Semoga bermanfaat.

Tanggapan 6 – Ganda

Mumpung masih hangat…!

Menyinggung masalah SIL yang sering di bahas di Milis ini, koq saya ga pernah lihat yah Buletin yang di keluarkan oleh para vendor yang sudah ‘SIL Approved’ , karena sekarang kan sulit melihat dan mencari catalog-catalog suatu product terutama yang ber’lebel’ SIL, so mungkin para vendor dapat nmengeluarkan ‘bulletin’ poduk2 nya sudah ‘ber-SIL Approved’, kenapa tidak ?!, mungkin rekan-rekan lain juga sangat memerlukannya sebagai bahan reference.

So kebetulan saya sedang mencari product, PLC, I/O Card Interface untuk Safe Guarding System, High Integrity Pressure Protection System, Process Control System (SGS, HIPPS, PCS) serta Equipment Instrument seperti Transmitter, Controller, yang lainnya yang ber SIL-3, kalau ada info dari rekan2 atau vendor bisa kirimkan lewat japri aja, biar ga di bilang ‘promosi product’ (tapi kalau moderator ga keberatan sih…boleh juga di publikasikan di Milis ini…).

Terima kasih sebelumnya..

Tanggapan 7 – Fauzi

Pak Arief,

Betul yg saya maksud adalah semacam TUV sebagai salah satu contohnya, akan tetapi juga harus disertai perhitungan SIL yang mengacu ke IEC 61508.

Thanks atas infonya mengenai ISA 84 yg terbaru (sudah sampai pada SIL 4).

Kalo ada rekan2 sebagai vendor dari produk2 yg memerlukan SIL sertifikasi dan disain, mohon sekiranya memberikan informasi.

Tanggapan 8 – Arief Rahman

Mas Ganda,

Dua badan terkemuka yang certified Safety PLC dan juga component-component lain-nya setahu saya adalah TUV dan FM (Factory Mutual).
Saya pernah lihat list dari module-module dari para vendor yang sudah di certified oleh TUV. Disitu complete dengan model numbernya. Di situ juga ada website link-nya ke masing-masing vendor tersebut. Pada saat itu pas saya lihat, sertifikasinya belum ke SIL, tapi ke AKA. Walaupun tidak bisa dikatakan totally sama, tapi ada persesuaian antara keduanya. Kebanyakan para expert mengatakan bahwa AKA almost the same dengan SIL.

Cara lain adalah dengan melihat FMEA test report yang dikeluarkan oleh FM maupun Exida. Walaupun nggak langsung mengetahui SIL levelnya, tapi dari FMEA report mestinya bisa diketahui failure fraction yang based on hal tersebut bisa dihitung berapa PFD-nya kalau kita tahu mengenai hitung-hitungan PFD (Misal refer ke ISA TR-84 series).

Website berikut bagus untuk dikunjungi :

www.tuv.com

www.exida.com

Semoga membantu.

Share This