Di O&G terutama di platform, termasuk juga di kapal2 besar, RO sering dipakai untuk membuat air tawar dari air laut. Nah, prinsipnya gimana caranya agar air laut (yg besar TDS garamnya) setelah melewati membran tsb bisa menurun, dan jadi nggak asin lagi. Untuk bisa RO (melewati membran), air laut tsb kudu ditekan sampai setidaknya 850psi. Biasanya 13.000 RPM pump digunakan untuk RO.

Tanya – erwin.guci@petrosea

Saya ingin nanya tentang RO ( Reverse Osmosis ) system, gimana sih cara kerjanya.dan di aplikasikan kemana saja,.sebab setau saya cuma ada Osmosis saja…………..nach..Reverse..nya ini yang saya gak tau.

Kalau ada yang mempunyai artikle tentang pembahasan tehnology RO…wah lebih baik…lagi…mungkin bisa ngirimi saya filenya.

Tanggapan 1 – anton@capcx

Dear pak Erwin,

Sekali lagi untuk taraf BASIC, silakan buku saya yang diterbitkan ANDI Yogyakarta : TEKNOLOGI MEMBRAN, sewaktu saya masih akademis. Bisa
diperoleh/pesan di TB Gramedia, Gunung Agung dll. yang terdekat. Lebih jauh bisa via JAPRI atau network dg teman2 Serpong & industri lain.

Tanggapan 2 – aretmono

Kalau osmosis biasa, didefinisikan sbg bercampurnya cairan dg kosentrasi lebih rendah ke kosentrasi lebih tinggi melalui suatu membran. Nah, kalau reverse, tinggal dibalik saja, yaitu yg konsentrasinya lebih tinggi bisa nembus membrane tadi.

Di O&G terutama di platform, termasuk juga di kapal2 besar, RO sering dipakai buat bikin air tawar dari air laut. Nah, prinsipnya gimana caranya agar air laut (yg besar TDS garamnya) setelah melewati membran tsb bisa menurun, dan jadi nggak asin lagi.

Untuk bisa RO (melewati membran), air laut tsb kudu ditekan sampai setidaknya 850psi. Biasanya 13.000 RPM pump digunakan untuk RO.

Ada produk RO yg sudah jadi, bikinan Metito (Metyto??), cukup bagus. Ada lagi yg bermerek Indonesia, tapi 100% asli murni buatan Texas. (Jangan beli yg terakhir ini, you’ll be robed with spareparts cost.) Artikel ttg RO, bisa Anda minta di Metito. Sayangnya saya nggak punya alamat yg jual di Jkt.

Tanggapan 3 – linda@envitech

Sorry, pak erwin saya baru sempat buka e-Mail hari ini.
Tentang RO, adalah proses filtrasi untuk semuangTDS ( mineral, organics, colloids, SS dan bakteri ( micro organics)).sampai 95 – 99 %. di sini kerjanya, dari konsentrasi TDS tinggi di tekan melalui membrane menjadi konsentrasi TDS rendah. di dalam proses ini terjadi peristawa yang saya istilahkan pemekatan, tetapi yang pekat di buang sementara yang telah terbebas dari TDS menjadi prodak.

Aplikasi RO ini banyak sekali Loh,

1. Untuk mendapatkan air bersih dan air minum dari air laut (desalination)

2. Untuk Brackish water

3. Untuk purification of water.

4. Untuk bidang kedokteran, farmasi

5. DLL

Untuk lebih jelasnya bapak bisa hubungi PT. Envitech Perkasa. karena kami sudah pasang di Jambi Untuk Drinking Water, Combipar dibandung dll. Sori bukan formosi loh.