Select Page

Pengelasan antara Hastelloy dengan CS, adalah bisa dengan menggunakan welding rod Hastelloy. Sebaiknya dengan proses pengelasan GTAW / argon shielding.

Pembahasan – DARMAYADI

Teman teman

Sudah sekian lama Migas Indonesia sub keahlian Las dan Asosiasi Pengelasan Indonesia tidak mengadakan pelatihan, seminar ataupun workshop yang berkaitan dengan ‘ Pengelasan ‘ di Jakarta. Hal ini karena kesibukan para pengurus, oleh karena itu saya ingin melaksanakannya dalam waktu dekat ini. Mohon masukan dari teman teman, kira kira tema yang sedang hangat2nya dibidang pengelasan saat ini apa? Misalnya apakah Thema metalurgi las untuk mereka yang bukan berlatar belakang metalurgi masih diperlukan? Atau Perbaikan hasil pengelasan ( welding Repair ) yang masih diperlukan atau saya sendiri nggak tau..silahkan teman2 share di milis ini agar bisa diakomodasi.

Tanggapan 1 – made.sudarta1964

Pak Moderator, kalau boleh saya mengusulkan dan mohon maaf sebelumnya kalau saran saya ini sudah dimuat sebelumnya. Sarannya seperti ini bagaimana kalau diadakan seminar mengenai metodologi welding control system (WCS) untuk piping works berbasis ASME B31.3, mengingat masih dijumpai kendala terhadap fungsi kontrol yang dilakukan secara konvensional sehingga output yang diharapkan kurang maksimal demikian pula dengan waktu. Materi ini akan dapat menambah wawasan bagi pelaku quality khususnya untuk process piping di industri migas, fertilizer, dsb dan dapat juga diaplikasikan pada pipeline. Demikian ide dari sayam. Terima kasih.

Tanggapan 2 – maryadi_ahmad

Kebetulan nih pak damaryadi,

Sy bukannya mau kasih ide, tp punya pertanyaan berkenan dgn las2an.. ๐Ÿ˜‰
krn sy buta masalah ini, mohon advisenya pak & jg kpd para pakar welding ataupun material disini..

ceritanya sy sedang mendesign flowmeter (tepatnya cone meter) secara sederhana, cone flowmeter terdiri dr main body/spool & ditengahnya dipasang suatu bentuk cone yg fungsinya utk menghasilkan perbedaan pressure di upstream & downstream fluida yg hendak diukur flownya..

utk saving cost (drpd membeli flowmeter dgn material Hastelloy C full pd keselurah full & elemnt cone-nya) ), rencananya, sy akan menspecify HastelloyC material (cone) dilas pd body spool yg carbonsteel (pipe material spec-nya pun carbonsteel),

nah, apakah memungkinkan mengcombine (welding) HastelloyC ke material carbonsteel ??

vendor yg akan menjual barang ini bilang sanggup, tp sy masih sangsi dech..
mohon masukannya pak..

terimakasih sebelumnya,

Tanggapan 3 – Dani Darwis

Saya ingin share dan sekaligus usul mengenai tema training atau workshop tentang pengelasan sbb (silahkan dipilih prioritas mana yang paling menarik, abaikan urutannya):

1. How to repair welding defects, kenapa ini dipilih, karena masih banyak dilapangan belum mempunyai pengetahuaan cukup tentang proses perbaikan cacat las.

2. Preparation and execution of WPS /PQR using qualified welders, sekalipun ini banyak telah dilakukan dilapangan, tapi ketika terjadi perubahan material, proses atau weldernya, masih juga ditemukan kesulitan dalam memberikan jawaban yang meyakinkan bila ditanya tentang perubahan yang terjadi ke berbagai pihak terutama klien dan bahkan ada existing WPS dan PQR yang cocok dengan proses dan material nya pun tidak diakui oleh klien dan harus membuat WPS baru.

3. New development of equipment, material and process in welding, kita ingin tahu perkembangan apa yang terakhir dari proses dan material yang ada didunia ini terkait dengan pengelasan.

4. Welding Control System starting from before, during and after welding, termasuk didalamnya adalah pengendalian rejection rate dan membuat laporannya.

Demikian sharing dan usul dari saya.

Attachment : Image 001.jpg (370 byets); Image 002.jpg(342 byets)

Tanggapan 4 – Dirman Artib

Diluar aspek teknis dari pertanyaan, saya tertarik untuk mengobservasi pada area ‘Management Process’.

Apakah Pak Ahmad sudah berkonsultasi dengan kolega dari Disciplin Mechanical Engineer sebelum me-raise pertanyaan ini ke milis ? (sori, ini hanya untuk observasi saja dalam rangka pembelajaran tentang interaksi/interrelasi inter-discipline dalam me-manage multidiscipline engineerings, dengan tidak bertujuan mencampuri urusan dalam negeri perusahaan).

Tanggapan 5 – maryadi_ahmad

hehe..orang nanya malah ditanya, semoga ini pertanyaan pertama & terakhir.. ๐Ÿ™‚
sebab klo ditanya lg kenapa bukan stainless steel ato duplex ajah atau material lainnya..
wah ceritanya bisa panjang tuh, kebetulan SS tdk diperbolehkan krn adanya issue stress corosion cracking .., dll

tp pertanyaan pak dirman sangat bagus ,

& jawaban sy: tentu saja sdh ditanyakan ke intern projek, menurut jawabannya Mech Eng sepanjang pengalaman (ini relatif yach) dia belum pernah tuh nemuin kasus seperti ini..

(atau memang belum pernah ada ya ?)

so,kembali ke pertanyaan awal, memungkinkan atau tdk ya me-welding HastelloyC ke CS ?

klopun itu memungkinkan, adakah pengaruhnya kpd kekuatan las2an ataupun galvanic corrosion issue nantinya..?

trimakasih atas sharingnya,

Tanggapan 6 – nurul_kahir

Sependek pengalaman saya, bisa saja hastellroyc diweld ke mild steel. Kekuatan las tgt welding rodnya. Silahkan consult suppliernya, esab dll. They have it. Utk galvanic corrosion, di cleaning, blast dan paint. Insya Allah aman.

Tanggapan 7 รขโ‚ฌโ€œ xmansu

Pak Maryadi

Secara teori pengelasan dua material yang berbeda dimungkinkan, tinggal dibikin wps dan diuji pqr-nya.

Utk dissimilar welding antara Cs dgn Hastelloy saya pikir do able pak,

Tanggapan 8 – abdi raja

Pak dir,

seminar dengan Thema metalurgi las untuk mereka yang bukan berlatar belakang metalurgi masih diperlukan.
dan pantas diadakan lagi untuk menjawab permasalahan yang di temukan di lapangan apalagi ada pekerjaan welding pada disimilar metal.

Tanggapan 9 – Arlen Nurlan

Salam kenal, saya baru gabung dgn mills.

Th pak darma,

Saya setuju dengan pak abdi. Dan menurut pengamatan saya, orang Indonesia cukup haus ilmu kok. Biasanya yang menghalangi orang ikut seminar atau pelatihan ujung2nya masalah biaya kepesertaannya.

Th pak maryadi,

Maksudnya ‘si vendor’ ini yang suplai kawat las ya pak? Coba saja minta datasheet kawatnya pak, dan minta ybs menjamin ganti material kalau gagal. Mustinya si vendor bisa kasih prosedur pemgelasannya.
Setahu saya jenis kawat las samgat beraggam terkadamg si tukang las yang tidak terbiasa dengan prosedirnya sehingga lupa dan memgabaikan prosedur..

Tanggapan 10 – Dirman Artib

Pak Dar,

Langsung aja usulan temanya yang agak menantang pak ‘Qualification and welding certification for personnel and process by government institution – are we in the appropriate norm ?’

Pak Ahmad,

Terima kasih atas response nya. Kalau si vendor bilang sanggup, tinggal verifikasi aja WPS /PQR nya oleh Mechanical Engineer atau Welding Engineer.

Tanggapan 11 – sutrisno MM

Ikutan nimbrung masalah pengelasan Hastelloy C to Carbon steel, kebenaran saya pernah mengalami hal itu walau mungkin servisce tidak sama.
Carbon steel yang kami lakukan pengelasan SA 515 -70 overlay hastelloy C. Namun sebelum pengelasan Hastelloy C terlebih dahulu dilakukan battering Inconel 625 (ErNiCr3), kita sama sama ketahui bahwa inconell 625 sangat baik untuk pengelasan dissimillar metal kemudian terakhir dengan filler rod Hastelloy C.
Demikian semoga ada manfaatnya.

Tanggapan 12 – maryadi_ahmad

utk bapak2 semua, masukan2nya sangat berharga sekali buat saya..
terimakasih utk share ilmu & pengalamannya ..

jd kesimpulannya, memungkinkan sj melakukan welding mtrl HastelloyC pd Carbonsteel mtl, hanya sj kita mesti hati2 nanti dlm mereview WPS
(welding procedure standrd yah?)fabricatornya..

Tanggapan 13 – made.sudarta1964

P no dari hastelloy C ini berapa ya, yg pasti sambungan ini diklasifikasikan sebagai disimilar material, jadi seperti yg dijelaskan siapkan wpsnya dan lakukan kualifikasi. Yg agak sulit mungkin menentukan welding rod type tapi dapat dicari di welding rod hand book, selamat mencoba.

Tanggapan 14 – Jimmy Octavianus

Pak Iman dan Pak Maryadi,

Berdasarkan pengalaman kami di lapangan biasanya dissimilar welding antara CS dan Hastelloy cukup dgn welding rod hastelloy, tidak perlu menggunakan kawat las CS lagi.

Jadi untuk pertanyaan Pak Maryadi mengenai pengelasan antara Hastelloy dgn CS, adalah bisa dgn menggunakan welding rod Hastelloy. Sebaiknya dengan proses pengelasan GTAW / argon shielding.

Mengenai hastelloy C ini, apa Grade Hastelloy nya Pak? Karena ada beberapa grade mat’l hastelloy C : eg. Hastelloy C-276,atau Hastelloy C-22.
Terima kasih.

Tanggapan 15 – Rony Witjaksono

Setuju Pak Jimmy, biasanya cukup menggunakan kawat las hastelloy, tidak perlu gunakan kawat las CS lagi. Dan proses GTAW memiliki mekanikal strength yang lebih baik.

Tanggapan 16 – iwan budiono

new comer but ald stock ikut belajar,

seperti yang di sampaikan teman2 yg lain bahwa memungkinkan saja dilakukan pengelasan disimilar material, tinggal kita sesuaikan dg WPS&PQR serta usahakan menggunakan welder yg beneer2 qualified karena welding disimilar material sangat sensitive terhadap weld defect. mohon di koreksi jika salah.

Tanggapan 17 – sutrisno MM

Welding disimilar metal justru peliknya pada saat membuat WPS yang dilanjutkan dengan PQR, namun semuanya itu sudah ada guidenya kita tinggal memilih mana yang kita sukai. Contohnya untuk electrode disimilar metal antara carbon steel dan stailess steel atau nickel alloy berturut adalah E/ER 309; E/ER 310; ENiCrFe2;ERNiCr3. Electrode tersebut digunakan sebagai buttering maksudnya untuk mengeblock pengaruh materialnya terhadap metal yang akan joint. Kalo disimilar metal joint adalah Carbon steel vs hastelloy battering yang baik adalah ENiCrFe2/ERNiCr3 lebih kurang dua layer kemudian dibentuk bevel, setelah itu baru dilakukan joint welding antarara weldment ERNiCr3/ENiCrFe2 yang telah dibevel standard dengan bevel metal hastelloy. Electrode yang digunakan untuk joint welding tergantung dari hastelloy spec.nya kalo B574 yang kandungan cobalt nya 2.5% sebaiknya gunakan electrode ENiCrMo-10, dan pada pengelasan usahakan material yang sedang dilas bisa
bergerak bebassaat terjadi penyusutan weldment agar tidak terjadi crack pada HAZ di carbon steelnya, insyaalloh berhasil.
Semoga membantu.

Share This