Semua pengelasan yang material mengandung painting baik itu primer coat sampai ke final coat WAJIB dan HARUS dihilangkan lebih-lebih yang mengandung unsur ZINC karena unsur ZINC (Zinc Silicate ataupun Zinc Cromate) mempunyai sifat weldabity yang kurang baik dan hasil pengelasan selain porosity akan mempunyai bentuk visual yang kasar. Perlu diingat juga bahwa sifat painting tidak mudah bonded dengan unsur logam baik dengan proses pengelasan apapun baik apalagi kalau hasil pengelasan tersebut dilakukan NDE.

b>Tanya – raharjo_wida

Dear all member,

Mohon sharing, bagaimanakah penjelasannya untuk pengaruh adanya painting pada permukaan sambungan yg akan dilakukan pengelasan ?
Untuk saat ini biasanya kami membersihkan dulu permukaan yg terkena painting-undercoat dg grinding sebelum di-las, karena adanya paint ber- potensi menimbulkan defect.
Adakah alternatif lain yg lebih efektif ?
Thank’s sebelumnya.

Tanggapan 1 – DARMAYADI

Pak Raharjo,

Jika disuatu benda las ada Cat, oli dan bahan organik lainnya, maka dikhawatirkan hasil las akan porosity.

Jadi jalan satu-satunya memang seperti yang telah anda lakukan. Yang paling efektif adalah, pengecatan atau pelapisan dilakukan setelah pengelasan.

Tanggapan 2 – Andi Setiawan

Apa yang anda lakukan sudah benar bahwa adanya lapisan cat akan berpengaruh pada hasil las dengan adanya porosity. sharing saja, kalau media yang akan dilakukan pengelasan cukup banyak dan besar, saran saya mulai dari awal / raw material sebelum dilakukan proses fabrikasi sebaiknya raw material tersebut di-blasting dan aplikasikan dengan cat jenis shop primer in-organik zinc silicate ( low zinc, solvent borne ethyl silicate ) Dari pengalaman yang ada shop primer ini disamping compatible dengan jenis cat lain, pengaruh terhadap pengelasan (MIG/MAG), gas cutting tidak ada, artinya tidak perlu menghilangkan lapisan shop primer ini pada saat pemotongan & pengelasan, tetapi kalau yang anda lakukan untuk repair pada benda yang sudah lama, menurut saya cara yang paling sederhana adalah menghilangkan cat lama dengan grinding seperti yang sudah anda lakukan.

Tanggapan 3 – Farid Las

Saya rasa semua pengelasan yang material mengandung painting baik itu primer coat sampai ke final coat WAJIB dan HARUS dihilangkan lebih-lebih yang mengandung unsur ZINC karena unsur ZINC (Zinc Silicate ataupun Zinc Cromate) mempunyai sifat weldabity yang kurang baik dan hasil pengelasan selain porosity akan mempunyai bentuk visual yang kasar. Perlu diingat juga bahwa sifat painting tidak mudah bonded dengan unsur logam baik dengan proses pengelasan apapun baik apalagi kalau hasil pengelasan tersebut dilakukan NDE.

Tanggapan 4 – indras1410

Setuju.. semua lapisan painting baik itu primer coat sampai ke final coat WAJIB dan HARUS dihilangkan sebelum dilakukan proses welding.

Untuk lebih baiknya, agar tidak terjadi re-work (penggerindaan/pembersihan hasil coating) coba untuk memberikan pengaman seperti isolasi atau sejenisnya dibagian-bagian yang nantinya akan dilakukan proses pengelasan.