Select Page

Saya pribadi tidak punya experc. di mech&elect. tapi harus menghadapi problem spt ini. Di tempat kami, sering terjadi motor elect yang short circuit/body dan anehnya sering/cepat terjadi pada motor yg direwinding. Pertanyaannya kenapa ya?
Ada 1 motor untuk Air compressor, sering sekali terjadi kerusakan di ‘bearing’, terakhir baru seminggu diganti, noise sudah tinggi lagi di bearingnya. Apa yang salah? pemasangan bearing yang tidak pas? rotor yang tidak balance atau ada info dari rekan2 semua.

Tanya – faiz gatan

Dear para senior Migas Indonesia,

Saya pribadi tidak punya experc. di mech&elect. tapi harus menghadapi problem spt ini.
Di tempat kami, sering terjadi motor elect yang short circuit/body dan anehnya sering/cepat terjadi pada motor yg direwinding. Pertanyaannya kenapa ya?
Ada 1 motor untuk Air compressor, sering sekali terjadi kerusakan di ‘bearing’, terakhir baru seminggu diganti, noise sudah tinggi lagi di bearingnya. Apa yang salah? pemasangan bearing yang tidak pas? rotor yang tidak balance atau ada info dari rekan2 semua.

Terima kasih & Rgds,

Tanggapan 1 – Antonius Dicky

Menanggapi keluhan Sdr faiz gatan ,

Untuk pertanyaan pertama banyak factor yg bisa menyebabkan hal tersebut , apabila proses pengerjaan re-windingnya tidak dilakukan oleh Authorized service yg ditunjuk oleh pabrikan dari merk electric motor sdr.

Untuk pertanyaan kedua , bisa saya pastikan pemilihan bearing pengganti tidak sesuai dengan design peruntukan Electric motor tersebut. dengan kata lain bearing yg dipergunakan tidak sesuai dengan design electic motor tersebut.

Tanggapan 2 – Sketska Naratama

Dear pak Faiz

Inti pertanyaan nya adalah root cause. Pada saat motor ber operasi, lakukan pengambilan data spektrum vibrasi nya. Dari data spektrum vibrasi serta dilakukan dengan rutin plus track history record, maka akan ‘tergambar’ akar permasalahan nya.

Ada beberapa penyebab dengan signature spectrum yang berbeda. Untuk detail, silahkan googling karena banyak sekali artikel perihal ini.
Dan jika ndak ada alat ukur vibrasi, pak Faiz bisa sourching utk jasa pengukuran ini beserta advice dari mereka yang ahli. Relatif murah dibandingkan dengan ongkos produksi yang hilang / interval penggantian spare part yang lebih cepat dari normal.

Tanggapan 3 – hutannya_uthan

Perlu dipastikan bearing yg digunakan mas..

Apakah free mtce atau bearing yg perlu digrease secara berkala.

Btw motornya yg brp hp ya mas?

Tanggapan 4 – Triez

Dear Mas Faiz,

Sudah pernah di cek belum temperature di windingnya? Apalagi motor rewinding.
Short circuit pada belitan biasanya bisa juga dari temperature belitan motor yang tidak normal atau terlalu panas. sehingga isolasi dalam windingnya bisa rusak.Coba cek data sheetsnya. Trus coba dianalisa dari hubungan belitan dan arus pada motor. Kalkulasi aja bentar,cepet kok.Untuk motor2 berdaya besar biasanya sech ada RTD,nya. Klo ga pake laser temperature.

Klo bearingnya coba dicek dulu pake vibrometer. Masih masuk range ga sesuai dengan data sheet motornya. saya kurang tahu pasti , cuman mungkin bisa dicek apa betul posisi pengaturan beban dengan motor sudah yakin sejajar, karena hal ini juga bisa mengakibatkan tingginya arus beban tentunya.
Dari weekly atau daily checklist mungkin bisa ditelusuri juga,pak.

Sedikit sharing,semoga bisa membantu.

Tanggapan 5 – abdul aziz

Mas Faiz,

Anda me-rewinding sendiri atau dikerjakan oleh perusahaan lain ? Kalau di rewinding oleh perusahaan lain , cari yang memberi garansi 1 tahun.Jangan yang abal – abal.

Tanggapan 6 – bontor edison

Pak Faiz,

Pengalaman saya dengan hasil dari rewinding pada motor adalah pengurangan drastis disisi kehandalan si motor (tidak etis menyebut nama perusahaannya namun hasil ini kami alami dari perbaikan yang dilakukan oleh salah satu rewinder terbaik di Balikpapan & yang satunya lagi di Jakarta tentu dengan garansi hasil pekerjaan 1 tahun).
untuk motor rewinding bapak yang sering mengalami short circuit, saya pernah mengalami hal yang sama pada salah satu motor hasil rewinding. Saat cover motor dibuka, ditemukan bahwa terminasi kabel dari winding ke terminal motor yang kurang mantaf (baca: mantap) sehingga saat motor sudah dioperasikan beberapa waktu terdeteksilah adanya short circuit dan temuan secara fisik adalah terhubungnya ujung kabel winding ke body-nya motor.

untuk bearing, saya kira informasi dari mas Triez ada benarnya. silahkan bapak cek kondisi dilapangan & kalau bisa dengan rekan bapak yang mengerti drive allignment & bearing.

Sekedar mengingatkan bahwa penggunaan temperature gun tidak akan menunjukkan temperatur sebenarnya dari winding karena suhu yang diukur hanya suhu dipermukaan dari body motor, untuk itu pengadaan winding temp. sensor pada satu motor sudah sering menjadi persyaratan dari sisi User saat pemilihan motor.

Tanggapan 7 – Abhie Dhira

Pak Faiz,

Banyak kejadian motor habis rewinding trs terbakar..

Kami alami juga seperti yg bapak alami, karena saya juga pernah rewinging dan juga pernah kasih ke orng lain.

Cara yg di sampaikan ke oleh pak tris dan pak bontor tepat skali.

Penting adalah sebelum di operasikan, Check winding nya dgn terminal ga short body atau short phase.

Banyak kejadian juga motor hbs bongkar, bunyi nya seperti helikopter..

Untuk bearing bisa di putar2 dlu sebelum di on kan.

klo bunyi nya ga normal, mka cek lagi pemasanagn nya.

Semoga membantu.

Share This