Untuk kemudahan project, biasanya, pemilihan standart design dan support berdasarkan spesifikasi project design yang sudah ada. disana jelas disebutkan standart designnya. kemudian, jika ditelaah lagi, spesifikasi project ini, selalu mengacu kepada stndart engineering yang sudah berlaku umum, apakah dia itu untuk project Oil and gas maupun Power Plant lainnya. Nah, melihat type projectnya apa dan untuk tujuan kemudahan, tiap2 standart engineering disini selalu mengacu pada salah satu spesifikasi yang dimuat dalam ANSI / ASME yang merefers ke ASTM, ato bisa juga ISO, JIS.

Tanya – patra putra

Dear rekan Milis Migas.

Saya Saat ini sedang mencari Vendor untuk Pipe Support dan Sleeper. yang saya mau tanyakan disini sebagai berikut.

1. Apakah ada standart yang menstandartkan jenis jenis Support baik itu ASTM, ISO, BS, atau JIS.

2. Apakah ada yang memiliki standard design Pipe Sleeper, khususnya yang terbuat dari concrete.

3. Ada yang memiliki Fabricator Support, di Indonesia, yang telah memahami standart standart support yang ada di lapangan. Karena saya baru mendapat satu Vendor yang dapat mengerjakan pipe support secara utuh (standart fabrikan).

sekian yang pertanyan pertanyaaan yang saya butuhkan, sekiranya ada yang memiliki pengalaman saya mohon untuk bisa disharing disini.

terima kasih.

Tanggapan 1 – Budi Arman

Pak Patra,

Sepengaetahuan saya, belum ada Standard International yang mengatur tentang detail dari Pipe Support, biasanya masing2 Company (Oil Co & EPC). dan itu saya rasa adalah rahasia document mereka.

Seingat saya standard pipe Support berisi tentang :

1. Type pipe support + Dimensi nya

2. Size dan Jumlah Pipa yang di topang

3. Load yang bisa dicover

Untuk fabrikasi, saya rasa bengkel2 las bubut bisa ngerjain. tergantung dari ketersedian gambar dan material. cari yang lokal dimana bapak berada aja pak.. lebih ngirit dari segi transport. Emang bapak berada dilokasi mana?

Setidaknya inilah yang pernah saya lakukan dulu. dan ternyata tidak masalah..

Tanggapan 2 – â–‘DenilZâ–‘

Pak Budi dan Pak Arman,

Sekedar menambahkan, bahwa untuk jenis pipe support & hanger bisa mengacu ke ANSI / MSS SP-69.
Di dalam dokumen tersebut dijelaskan bagaimana menyeleksi pipe support/hanger dan aplikasinya.

Selain itu, biasanya EPC kontraktor maupun oil company juga memiliki standard pipe support tersendiri berdasarkan project development sebelumnya (spt dijelaskan oleh Pak Budi). Tentunya dokumen ini juga adalah hasil pengembangan engineering dari MSS SP-69 di atas.

Untuk penentuan size atau dimensi sleeper, hal ini tergantung dari rencana pembebanan dari sleeper itu sendiri, mis. :berapa banyak jalur pipa yg akan dilewatkan di atasnya serta jenis fluidanya apa saja(liquid or gas only) dan juga size pipanya berapa inchi. Sedangkan untuk tinggi dari sleeper, normalnya tidak lebih dari 3 feet (lk. 1 meter).

Demikian, sedikit tambahan.

Tanggapan 3 – Teguh Santoso

coba gogling : MSS SP-58 pipe hanger and support-material,design and manufacture atau MSS SP-69 pipe hanger and support- selction and application.

Tanggapan 4 – parindang

Pak Patra,

Perkenalkan Kami PT Hamdok beralokasi di Pelabuhan Tj Priok.

Kami memiliki fabrication yard dgn fabrikasi piping system beserta pipe supportnya.

Untuk lebih jauhnya mohon informasi lebih detail mengenai pipe support yang akan di fabrikasi.

Tanggapan 5 – saleh w siregar

Mas Patra hehe..!

mungkin sekedar sedikit sharing berdasarkan pengalaman yang saya alami.

1. Untuk kemudahan project, biasanya, pemilihan standart design dan support berdasarkan spesifikasi project design yang sudah ada. disana jelas disebutkan standart designnya. kemudian, jika ditelaah lagi, spesifikasi project ini, selalu mengacu kepada stndart engineering yang sudah berlaku umum, apakah dia itu untuk project Oil and gas maupun Power Plant lainnya. Nah, melihat type projectnya apa dan untuk tujuan kemudahan, tiap2 standart engineering disini selalu mengacu pada salah satu spesifikasi yang dimuat dalam ANSI / ASME yang merefers ke ASTM, ato bisa juga ISO, JIS.

2. setau saya, Concrete biasanya lebih familiar di tempat sdr.

3. ada beberapa rekanan lagi yang bergerak di bidang manufacture pipe support, tergantung dari budget dan berapa besar skala comidity yang dibutuhkan. Asal ada persenan hehe..^_^ sepertinya bisa didiskusikan.