Yang namanya Gas Turbine Engines, baik untuk aircraft engine, maupun untuk industrial engine, prinsip kerja sama. Terdiri dari 3 mayor componen. 1) Compressor, 2)Combustion Chamber, 3) Power Turbine. 100% tenaga yang dihasilkan oleh power turbine, 80%nya kembali memutar tubuhnya sendiri. 20% lagi untuk mengerak drivennya. Prinsip dasarnya semua sama dengan aircraft engines. Yang dibedakan hanya staging compressornya. Kalau Solar Gas Turbine, kelebihannya yang saya tau memiliki dual fuel, bisa dengan natural gas fuel atau dengan diesel fuel.

Tanya – Riki Sapari

Mohon advisenya dari para ‘jawara’ Rotating Equipment mengenai Gas Turbine ini, terutama mengenai detail produk dengan brand S***r Turbine. Apakah secara general sama dengan Gas Turbine dari pabrikan G***ral E***tric….?. Kebetulan saya sudah mencari di website S***r Turbine namun tidak mencantumkan detail part yg terkandung didalamnya, hanya memperlihatkan rate outputnya sahaja.

Mohon maaf jikalau ada kata2 yang salah dalam penulisan saya ini, dan saya ucapkan terima kasih atas jawaban rekan2 milis sekalian.

Tanggapan 1 – denny

Coba jawab,

Memangnya ga boleh ya langsung sebut brand ko pakai tanda **** ?

Detail part yang dimaksud gimana? Apakah itu spare part yang dipakai di tiap-tiap turbine? GE Solar turbine mempunyai range power yg berbeda. Setahu saya untuk genset Solar turbine berkisar antara 1200kW hingga 20MW GE rangenya 20MW ke atas tentu berbeda pula dimensinya, ukurannya untuk blade dll.

Tanggapan 2 – purnama@umcntp

Pak Riki,

Secara prinsip/teori keduanya sama-sama bersiklus brayton, untuk hardwarepun sama-sama memiliki area ‘suck-squeeze-bang-blow’ yang artinya terdiri dari modul modul utama; compressor, diffuser, combustion chamber dan turbin. Untuk detail part kemungkinan memang tidak akan disebutkan karena terdiri dari ratusan P/N maupun S/N..sepengetahuan sy GE terkenal dengan Frame-nya (power middle ke atas) kalau solar dari midle ke bawah..CMIIW

Tanggapan 3 – muly@umcntp

P Riki

Kalau bp mau mempelajari turbin gas beserta komponennya bisa dicari di literatur.
Sejauh sepengetahuan saya kedua turbin yg bp sebut berbeda di kelas powernya. Mengenai komponennya sama. Teknologi pada turbin gas tergantung pada material turbin blade yg mampu menahan panas yg tinggi.

Sementara hanya ini yg bisa disampaikan.

Tanggapan 4 – Sigit kumoro bekti

Untuk GE mem-produksi gas turbine dengan power output dari 5 MW (PGT series atau GE series) sampai 350 MW (9H). kalau mengenai detail part, semua pabrikan tidak akan menyebutkan detail part yang ada dalam gas turbine, biasanya disebutkan stages of comp atau gas turbine, fuel type, number of combustor, etc. So mungkin kontal langsung aja sama pabrikan hehehehe..

Semoga membantu.

Tanggapan 5 – Riki Sapari

Dear Milister,

Terima kasih sy ucapkan atas bantuan rekan2 sekalian menanggapi email saya, memang klo untuk produk GE sendiri kebetulan saya sudah baca beberapa literaturenya dan ‘doi’ mempunyai beberapa type yaitu : Frame series (dari 5 s/d 9) CMIIW. Nah melalui milis ini saya hendak mengetahui dan mempelajari (familiarisasi) tentang Solar Turbine ini yg terkenal dengan produknya yaitu : Mars, Taurus, Centaur dan teman2nya yang lain……., barangkali ada dari rekan2 sekalian yg bermurah hati berbagi salah satu dari produk tersebut baik itu mengani data teknis atau hal yang berhubungan dangan produk tersebut.

To Mas Denny,

Memang diperbolehkan yah mas menyebutkan salah satu brand ini secara terbuka seperti di milis ini….?, maklum tergolong pendatang baru seh……..he…he…..he…….

Tanggapan 6 – Sigit kumoro bekti

Menambahkan, untuk GE mempunyai power output range yang luas dari 5 MW – 50 MW (PGT series/GE series atau bahkan LM series) sampai 350 MW (9H).semoga membantu.

Tanggapan 7 – purnama@umcntp

Solar GTE memang jumlah populasinya banyak, mungkin lebih banyak populasinya dari yang lain dikarenakan rate power yang relatif sesuai dengan kondisi/req lapangan..cmiiw. Solar sendiri mmg punya banyak type, mulai dari saturn, centaur, taurus, mars, titan; power kecil ke besar. Mulai peruntukan generator set sampai mechanical drive..

Kalau masalah familiarisasi secara umum Pak Riki bisa buka2 websitenya Solar, tapi kalau ingin tau luar/dalam, beserta fungsi, cara kerja dan kompleksitas dari tiap2 modul saya sarankan bapak ikut training engine familiarisasi. Karena familiarisasi secara umum bisa didapatkan dengan melihat website solar, tapi kalau sudah mulai spesifik ke hardware + accessoriesnya atau system pendukung GTE atau bahkan sampai test on skid (start-stop sequence) akan lebih baik ikut training..

Mungkin itu saja yang bisa di share, karena memang tidak memungkinkan familiarisasi dalam milis..akan sangat panjang pembahasannya ๐Ÿ™‚ bukannya begitu pak Mul?? :).

tetap semangat…

Tanggapan 8 – Riki Sapari

Dear Pak Purnama dan Pal Mul,

Terima kasih banyak atas penjelasan yang telah diutarakan, kebetulan saya juga sudah mendapat info seperti yg bapak infokan via website Solar Turbine dan om Google………..

Tetap semangat juga Pak Pur……(sorry niru gaya bahasanya neh Pak, he….he………he…….).

Tanggapan 9 – Frank

Hello Riki,

Sekedar tambahan info: yang namanya Gas Turbine Engines, baik untuk aircraft engine, maupun untuk industrial engine, prinsip kerja sama. Terdiri dari 3 mayor componen. 1) Compressor, 2)Combustion Chamber, 3) Power Turbine. 100% tenaga yang dihasilkan oleh power turbine, 80%nya kembali memutar tubuhnya sendiri. 20% lagi untuk mengerak drivennya. Prinsip dasarnya semua sama dengan aircraft engines. Yang dibedakan hanya staging compressornya. Kalau Solar Gas Turbine, kelebihannya yang saya tau memiliki dual fuel, bisa dengan natural gas fuel atau dengan diesel fuel. Demikian Riki. Salam.

Tanggapan 11 – Riki Sapari

Dear Pak Frank,

Terima kasih pak atas penjelasannya, setelah tanya sana sini dan baca dari beberapa literature serta browsing di dapat sudah jawabannya. Memang secara global prinsip kerja antara Gas Turbine Industrial seperti produk GE dengan Frame seriesnya dengan Gas Turbine dari produk Solar Turbine dengan beberapa seriesnya itu adalah sama. Yang membedakan adalah hasil outputnya yang terbilang cukup signifikan, hal ini wajar karna jika kita menilik GT dari GE ini adalah memiliki output yang cukup besar (termasuk Heavy Industrial GT) dan digunakan juga untuk kebutuhan yang besar pula jika dibandingkan dengan produk dari Solar Turbine yang dominan reatif kecil dengan outputnya (termasuk aeroderivative GT), seperti yang dikatakan oleh Pak Purnama dan Mas Denny CMIIW. Dan juga material blade yang berbeda dikarnakan tuntutan untuk menahan panas yg cukup tinggi (seperti yg di katakan oleh Pak Mul).

Well……………… sekali lagi caya ucapkan terima kasih dari para ‘jawara’ Roteq yang telah mau berbagi ilmu kanuragannya kepada saya yang masih ‘awam’. Salam sukses selalu……..

Tanggapan 12 รขโ‚ฌโ€œ Frank

Dear Riki,

Sebenarnya GT brand: GE dan Solar berfungsi sama. Tergantung HP (horse powernya). Masing2 brand memiliki keunggulan masing2… Solar sendiri sejarah awalnya sejak masih dengan Harvester Internasional, berpengalaman dalam produksi untuk mesin2 jet aircraft. Kemudian beralih kepada mesin2 industri, terutama power generator dan compressor driven. Salam.

Tanggapan 13 – migas.denny

Pak Riki,

Untuk menambah wawasan gas turbine bisa langganan majalah Diesel Gas Turbine worldwide Compressor Tech Two (www.dieselpub.com) Power Engineering International (www.powergenworldwide.com). Jangan kawatir dengan biaya (untuk yang subscribe hardcopy) karena gratis sampai datang di kantor/rumah. Supaya subscribenya sukses lebih baik pakai email perusahaan.