permanent-retrievable packer adalah packer yg didisain sebagai permanent packer tapi bila diperlukan bisa dicabut dengan lebih mudah (tidak perlu fishing atau milling operation). Misalnya langsung dicabut dengan overpull tertentu atau running cutter dengan wireline untuk memotong di salah satu bagian packer yang membuat slips-nya retract dan lalu mudah dicabut. Cara men-set packer ini yang populer adalah secara hidrolik, yaitu dengan memasang plug di bawah packer (di bawah packer sudah dipersiapkan terpasang nipple profile) lalu diterapkan tekanan tertentu yg akan menset slips dan rubber element-nya.

Tanya – Yenita Kusumaningtias

Rekan-rekan,

Adakah yang punya penjelasan tentang ‘permanent – retrievable packer’?
Seperti apa cara kerjanya dan apa yang membedakan dengan permanent packer maupun retrievable packer.

Saya coba googling, hanya menemukan sedikit penjelasan saja:

PERMANENT-RETRIEVABLE PACKER

A packer with the same characteristics as the permanent packer but which can, when desired, be released and recovered, entirely, from the well.

source: http://www.qatargas.com.qa/Media.aspx?id=162&tmp=98

Mungkin diantara rekan-rekan ada yang tahu atau malah sering menggunakan jenis packer ini, mohon sharing nya ya.

Tanya – Eko Yudha

Mbak Yenita,

Kadang2 istilah2 ini juga agak membingungkan saya.

Tapi sepengatahuan saya, retrievable packer seperti namanya, pada dasarnya adalah packer yang didisain sedimikan sehingga bisa set dan dicabut (unset) beberapa atau berkali-kali. Biasanya digunakan untuk keperluan well services/well intervention (stimulation, fracturing, casing leak test) dan DST/well testing. Jadi penggunaannya tidak lama alias temporary. Cara kerjanya ada yang diset dan di unset secara mekanis (manipulasi set down weight dan rotation), ada yang secara hidrolik (differensial pressure annulus-tubing/drill pipe), ada pula yang wireline set. Setelah cabut sampai di permukaan, packer ini bisa hanya diganti slips atau rubber element-nya saja.

Sedangkan permanent packer adalah packer yang didisain untuk di set dalam sumur dalam waktu yang lama. Biasanya sebagai production packer, liner packer, atau gravel pack/screen packer. Misalnya lagi production packer yg sengaja di set permanent untuk sumur bertemperatur tinggi. Dia diset dulu di dalam sumur dengan polished seal bore di atasnya, lalu production tubing dengan locator sub/seal di bag bawahnya di run dan ditancapkan ke dalam polished seal bore packer yg sudah terpasang duluan tadi. Dengan begitu tubing nya bisa bergerak memanjang dan memendek menyesuaikan diri dengan temperatur sumur. Permanent packer tidak bisa dicabut semudah retrievable packer, biasanya perlu fishing atau milling operation. Setelah sampai di permukaan (kalau bisa di fishing) packer ini biasanya sudah tidak utuh lagi, alias harus ganti dengan yang baru.

Adapun permanent-retrievable packer adalah packer yg didisain sebagai permanent packer tapi bila diperlukan bisa dicabut dengan lebih mudah (tidak perlu fishing atau milling operation). Misalnya langsung dicabut dengan overpull tertentu atau running cutter dengan wireline untuk memotong di salah satu bagian packer yang membuat slips-nya retract dan lalu mudah dicabut. Cara men-set packer ini yang populer adalah secara hidrolik, yaitu dengan memasang plug di bawah packer (di bawah packer sudah dipersiapkan terpasang nipple profile) lalu diterapkan tekanan tertentu yg akan menset slips dan rubber element-nya.

Demikian, semoga membantu.

Tanggapan 1 – Yenita Kusumaningtias

Selamat siang…….

Saya quote tulisan mas eko sebelumnya ‘Adapun permanent-retrievab le packer adalah packer yg didisain sebagai permanent packer tapi bila diperlukan bisa dicabut dengan lebih mudah (tidak perlu fishing atau milling operation). Misalnya langsung dicabut dengan overpull tertentu atau running cutter dengan wireline untuk memotong di salah satu bagian packer yang membuat slips-nya retract dan lalu mudah dicabut. Cara men-set packer ini yang populer adalah secara hidrolik, yaitu dengan memasang plug di bawah packer (di bawah packer sudah dipersiapkan terpasang nipple profile) lalu diterapkan tekanan tertentu yg akan menset slips dan rubber element-nya’.

Kalau yang bisa langsung dicabut dengan overpull tertentu itu, apakah tidak sama saja dengan hydraulic retrievable packer mas? atau ada bedanya antara permanent retrievable packer dengan retrievable packer hydarulic set tsb?
Saya pernah baca di salah satu paper, disitu memang dijelaskan kalau untuk unsetnya bisa pakai wireline cutter, tapi sayangnya tidak dijelaskan lebih lanjut, apakah setelah itu kita perlu fishing. Dari penjelasan mas eko, ternyata cutter itu hanya memotong di salah satu bagian packer yang membuat slips-nya retract dan lalu mudah dicabut. Thanks mas, jadi ada pencerahan :).

Satu lagi pertanyaannya, saya sedang mencari detail running/operating procedure nya.
Apakah ada nama TM produk dan dari vendor mana, sbg referency saya untuk mencari detail operating procedure nya. Thanks a lot.

Tanggapan 2 – pantun_sitinjak

Hi Ibu Yenita, kalo kondisi sumur normal (no scale) cara release Hyd Retrievable Packer dpt dilakukan dgn cara tension scara brtahap (unrelease serpin) dan lanjutkan overpull. SOP nya akan kukirimkan ke ibu. Just sharing..

Tanggapan 3 – Eko Yudha

Mbak Yenita,

Memang betul salah satu metode mencabut permanent-retrievable packer ada yg cukup overpull tertentu, seperti pada retrievable packer. Tetapi bedanya permanent-retrievable packer ini berfungsi seperti permanent packer alias ditanam di sumur sebisa mungkin dalam rentang waktu yang lama. Artinya didisain untuk menghandle kondisi di sumur untuk waktu yg lama. Ketika dicabut sampai ke permukaan biasanya sudah tidak utuh lagi alias harus diganti dengan yang baru. Sedangkan retrievable packer seperti saya bilang sebelumnya bisa diset dan unset berkali-kali. Saat sudah dicabut ke permukaan (apabila dari hasil inspeksi masih kelihatan bagus) packer yg sama bisa dirun lagi, atau hanya ganti rubber-nya saja.

Makanya saya bilang sebelumnya bahwa istilah2 ini terkadang membingungkan. Lain vendor lain pula istilah yg dijual. Malah ada vendor yg menyebut barangnya removable packer :).

Ada satu produk permanen retrievable packer yg sekarang sedang saya pakai, saya kirim lewat japri ya.