Pada dasarnya untuk menentukan ukuran kabel tersebut berasal dari berapa Arus yg akan melewati kabel tersebut. Nah Jumlah arus dalam Ampere ini akan di ketahui dari Berapa daya terpasang equipment terserbut dalam Watt. Semisal nya, sebuah motor dengan daya nya ( P ) = 500 kW, maka Jumlah arus nya adalah (Jikalau 3 Phasa).

Was : ( Elektrikal) cara menghitung ukuran kabel

Tanya – Akh. Munawir

Andaikata boleh saya ingin ikut bertanya,

1. Bagaimana sih menentukan spesifikasi Cable Insulation utk Power Cable?

2. Dan juga bagaimana utk Instrument/Data Cable?

3. Jika 2 jenis cable tsb diinstal berdampingan bgmnakah rulenya?

Tanggapan 1 – Sketska Naratama

By the way,

Terkadang saya pun bingung dengan problem kabel dilapangan, akan tetapi setelah saya usaha cari maka ada beberapa vendor besar kabel yang dapat menjawab pertanyaan2 praktis dilapangan dengan singkat serta skematik. Salah satu referensi saya adl manufacture B.

Sekadar share dari saya.

Tanggapan 2 – Ferdi Firdausy

Dear Pak Munawir,

Pak sebaiknya untuk pemasangan kabel instrument dan power cable dipisah dengan cable tray yg berbeda…. karena bisa terjadi induksi tegangan. sehingga bs mengganggu signal dari peralatan instrument.

Tanggapan 3 – Akh. Munawir

Akan lebih baik jika ada yang bisa menjelaskan/justifikasinya dengan hitung-hitungan seperti halnya dilakukan untuk menghitung luas penampang conductor..

Btw, thx response-nya.

Tanggapan 4 – Ca Janh

Hanya mau nambahin sedikit, biasanya untuk mengurangi distorsi, kabel instrument dilengkapi dengan shielding (secreen). Dan untuk HV power cable silengkapi juga dengan shielding.

Pembahasan selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut: