Material untuk service 900C yang baik berurutan, setelah SS310 adalah Incolloy; Inconel, dan Hastelloy.

Tanya – diva erenst

Dear anggota milis

Saya sedang mencari material (baik dalam bentuk pipe maupun plate ) yang bisa tahan (atau tidak creep) pada suhu 900C selain SS310 yang sangat mahal dan sulit di temui di indonesia. Saya berencana untuk membuat Catalytic Circulating Fluidized Bed Gasification dan sangat memerlukan material tersebut. Terimakasih.

Tanggapan 1 – Arief Yudhanto

Pak Diva,

Design limitnya berapa ya? Applied stress (? MPa) dan duration (hour)?

Tanggapan 2 – diva erenst

Kalau untuk durasi kita menghendaki Long lasting service pak sehingga batas creep material tersebut harus diatas 900(CMIIW). Mengenai Mpa nya diatas 140 Mpa pak..

Tanggapan 3 – andrie prio

dear pak diva,

setahu saya kalau untuk temperatur yang tinggi material yang bisa dipakai, menggunakan nikel base alloy atau juga pakai titanium.

Tanggapan 4 – sutrisno MM

Kalo material untuk service 900C yang baik berurutan, setelah SS310 adalah Incolloy; Inconel, dan Hastelloy.

Tanggapan 5 – roeddy setiawan

dear Diva,

cuman saran saja kenapa ngak pake standard material saja terus anda lining dg ceramic material.

dulu saya bikin down draft gasifier dg ceramic liner dan cukup berhasil.

Tanggapan 6 – diva erenst

Bagaimana dengn nozzlenya pak, karena kita sedang mendesign juga Bubbling Fludized Bed Gasification agak susah memasang Castable + Ceramic Fiber, lalu bagaimana dengan anchornya pak?

Terimaksih banyak atas petunjuknya.

Tanggapan 7 – Stephen Rahmat (FGM)

Mbak Diva,

Pengalaman saya memakai material Sandvik 253 MA bisa beroperasi hampir 1000 derajat C, untuk aplikasi Heat exchanger tube, sedangkan untuk shellnya merupakan kombinasi antara SS 310 dan SS 309. Sedangkan untuk Dryer Drum (seperti Kiln) yang beroperasi sekitar 800-900 derajat, material yang dipakai ialah Hastelloy dan Incolloy..nggak pernah menjumpai material creeping.

Tanggapan 8 – Dirman Artib

Dulu sewaktu Revamp project di Oil Lub Compelx 1 dan 2 Refinery Cilacap tahun 1998, PT. Fluor Daniel yg di subkon kan ke majikan saya, digunakan material 410S plate untuk plate lining pada tower. Lupa persis temperatur & tekanan, tapi yang saya ingat spesifikasi material adalah untuk kondisi temperatur dan tekanan lumyan tinggi (refinement raw material untuk bahan lubrication oil) dan tahan aus/gesekan. Welding rod dipakai Inconnel (lupa standardnya, maklum udah lebih 10 tahun).

Plate material import dari Italy, delivery 3 bulan.