Moscad yaitu motorala scada, merupakan salah satu vendor peralatan SCADA. Jadi tidak tepat apabila membandingkan antara MOSCAD dengan SCADA . Mungkin salah satu kelebihan dari MOSCAD karena dia menggunakan radio MDS sehingga antenanya tidak perlu terlalu tinggi, cukup menggunakan antena yang seperti yang terdapat di HT. Untuk system architecturenya bisa pakai ‘Report By Exception’, vendor2 lain juga bisa. Jadi delay time bisa lebih kecil dibandingkan dengan ‘Connection Pooling’.

Tanya – misbah el munir

Mohon pencerahaan kepada bapak/ibu yg tau tentang kelebihan dan kekurangan dari moscad di banding scada…sebab saya pernah mendengar moscad itu di pakai di chevron untuk mengendalikan well dengan jarak jauh!

Tanggapan 1 – Natajaya

Moscad itu motorala scada mas, jadinya yaa salah satu vendor peralatan SCADA.
Jadinya menurut saya kurang tepat kalo membandingkan antara MOSCAD dengan SCADA.

Mungkin salah satu kelebihan dari MOSCAD karena dia menggunakan radio MDS jadinya antenanya nggak perlu tinggi-tinggi amat..cukup menggunakan antena yang seperti yang terdapat di HT.
Untuk system architecturenya dia bisa pake ‘Report By Exception’, vendor2 yang lain juga bisa sih..

Jadi delay time bisa lebih kecil dibandingkan dengan ‘Connection Pooling’.
Mungkin ada teman-teman yang bisa menambahkan ataupun mengkoreksi.

Tanggapan 2 – Adi Harianto

Pak nata,

“Untuk system architecturenya dia bisa pake ‘Report By Exception’.

Dari penjelasan bapak diatas saya malah bingung mengenai Report by Exception, bisa sedikit pencerahan nya pak nata? Soalnya dari dulu saya malah pusing masalah scada.

Terimakasih

Tanggapan 3 – febri wardana

Mas Adi,

Mungkin yg dimaksud, data dikirim sesuai dgn request, kalau polling maka jumlah data yg dikirim dari A-Z, hal ini akan membuat lambatnya data update meskipun dgn setting baud rate yg sama……Mohon koreksi Pak Nata kalau salah atau terlalu simple penjelasannya…

Coba dech diskusi dgn Cak Landung…pasti paham…heheheheheh

Tanggapan selengkapnya dari diskusi Mailing List Migas Indonesia ini dapat dilihat dalam file berikut: