Mohon pencerahannya untuk material SUS 304 W. Bagaimana komposisinya dan apa fungsi komponen W. Apakah yang dimaksud W = wolfram ??

Tanya – Ashari

Mohon pencerahannya untuk material SUS 304 W. Bagaimana komposisinya dan apa fungsi komponen W. Apakah yang dimaksud W = wolfram ??

Terima kasih atas perhatiannya.

Tanggapan 1 – Yosca Hananta

Sepengetahuan saya, material 304 adalah material yang terbilang umum untuk grade austenitic dengan komposisi 18% chrom dan 8% nikel. Penggunaan biasanya untuk equipment proses pada industri kimia, industri makanan, atau untuk heat exchanger.
Material 304 juga dikelompokkan lagi yaitu :

‘L’ grade, bersifat extra corrosion resistance after welding. Huruf ‘L’ mengindikasikan bahwa material 304 tersebut low carbon (304L), < 0.03%C.Dan grade L ini harganya lebih mahal.

‘H’ grade, terdiri dari 0.04% – 0.10% Carbon. Digunakan pada kondisi dengan temperatur yang sangat tinggi. Kandungan carbon yang juga tergolong tinggi tersebut membantu mengembalikan stress material akibat suhu yang tinggi pula.
Material 304 W, saya belum pernah dengar tapi perkiraan saya juga bahwa W = wolfram.

Mungkin dari rekan2 milis ada yang bisa membantu ?

Tanggapan 2 – Winarto

Pak Ashari,

Bapak perlu memberikan informasi tambahan tentang jenis produk stainless steel tersebut: Apakah material tersebut dalam bentuk pelat (plate), bentuk pipa (pipe) atau lainnya.

Bila material stainless steel tersebut dalam bentuk pipa (pipe) atau tubing (small pipe), maka akhiran W adalah istilah WELDED (produknya dilas) atau dapat dalam bentuk tanpa las (SEAMLESS) yang dikodekan dengan akhiran S. Alamat homepage dibawah ini sekedar contoh pengkodean produk :

http://www.factorysteel.com/stainless-steel-plates-sheets.htm

Jadi menurut saya akhiran W pada 304 W bukan menunjukan unsur Wolfram tetapi WELDED. Sebab unsur wolfram jarang sekali ditambahkan pada material stainless steel karena wolfram adalah logam refractories.

Demikian semoga dapat membantu.

Tanggapan 3 – Ashari

Pak Winarto,

Produk yang dimaksud adalah salah satu jenis fiting SS ( flange stub end)
dengan seamless type.

Terima kasih.