Ancor bolt harus dilapisi galvaniz, tentu ada maksudnya. Salah satunya adalah memperkuat ketahanan material terhadap korosi. Terutama jika kita memakai anchor bolt untuk daerah/ground yang tinggi kandungan sulfat (SO4) nya. Untuk standar yang mengatakan bahwa harus ada galvanisasi terhadap anchor bolt, kalimat itu lebih banyak ditemukan dispesifikasi pekerjaan.

Tanya – topan sakti

Dear rekan-rekan milis,

Mohon pencerahannya, apakah ada standar yang mengatur untuk ancor bolt harus dilapisi galvaniz? untuk aplikasi mana saja yang dibolehkah finishing nya hanya natural saya tanpa di lapisi galvaniz?

Terimakasih.

Tanggapan 1 – Thomas Yanuar

Pak Topan,

Tentu ada maksudnya mengapa harus digalvanisasi. Salah satunya adalah memperkuat ketahanan material terhadap korosi. Terutama jika kita memakai anchor bolt untuk daerah/ground yang tinggi kandungan sulfat (SO4) nya. Untuk standar yang mengatakan bahwa harus ada galvanisasi terhadap anchor bolt, kalimat itu lebih banyak ditemukan dispesifikasi pekerjaan. Saya belum ketemu standar yang dimaksud. Mungkin rekan-rekan dari disiplin metalurgi atau corrosion engineering punya jawaban lebih tepat.

Namun untuk menambah wawasan silahkan dicek standar dari ASTM:

1. ASTM A 123

2. ASTM A153/A153M

Sedangkan pilihan materialnya tergantung jenis anchor bolts yang akan kita pakai, seperti:

1. Threaded Anchor Bolts: ASTM A36/A36 M or ASTM F 1554 Gr. 36 M

2. High Strength Anchor Bolt: ASTM A193/A193M Gr. B7

Sedangkan untuk aksesorisnya seperti Nut, Washer, Plate & Sleeve, juga tertera di ASTM.

Namun jika BOLT memakai material sesuai ASTM A193, proses hot dip galvanized boleh ditiadakan.

Tentang lapisan natural? Bisa diperjelas apa yang dimaksud dengan lapisan natural?