Pada umumnya gasket beserta flange yang ada umumnya hanya coating dengan painting biasa, tidak di coating sesuai dengan line pipe coatingnya. Sedangkan internal coatingnya harus minta technical query jika H2S dan CO2 nya tinggi karena memang akan menyebabkan corrosion, pipa dan fitting lainnya juga akan getas. Jadi silahkan saja di cek periodik untuk chemical injectionnya (salah satu jalan keluar saja).

Tanya – Sugeng Hariyadi

Dear Rekan Milister,

Saat ini saya diharuskan mengganti gasket dengan isolation gasket untuk pertemuan antara SS dan CS pipe. Plant yang saya tangani saat ini adalah shallow gas yang notabene banyak mengandung H2S dan CO2. Gasket yang saya maksud adalah gasket ring joint, pressure pada sistem tersebut variative, tapi minimal operating pressure adalah 1000 Psi dan max. 2500 Psi. Pertanyaan saya..,

1. Sampai kapan gasket tersebut bisa bertahan untuk plant shallow gas..?. Sebagai catatan, plant tersebut baru saya selesaikan dibangun dan berjalan sekitar 6 bulan lebih.

2. Adakah vendor yang mempunyai stock barang isolation gasket kit.?

Kalau ada mohon kirim via jepri saya. Trimakasih atas share pengalamannya.

Tanggapan 1 – hadiwinoto soedar

Pak Sugeng,

Ada buka saja websitenya Pikotek atau GPS Trojan atau lainnya, ada bisa pilih isolation gasket dengan type RF atau RTJ.

Fungsi isolation gasket, tentu akan berbeda dengan gasket biasa dalam hal dis-kontinuitas electricity (korosi).

Kalau kita bicara subsea, tentu masalah kuratif terhdp CO2/H2S menjadi tidak sederhana karena flange face CS bagian dalam biasanya standard (tanpa overlaid SS/atau etc)….. salah satu caranya injek chemical diline, dan anda coba konsultasi dengan vendor chemical.

Tanggapan 2 – Dafi

dear mas sugeng,

mugkin maksudnya sour gas (high CO2, high H2S) ya instead of shallow gas ?. banyak product utk IF dipasaran, utk materialnya biasanya pake GRE material sbg electrical isolation mengacu NEMA Grade G-10 atau G-11, biasa jg pake G-3, phenolic atau mylar. ini utk flowline ya ? krn kalo lihat service pressurenya termasuk high pressure. kalo temperature operasinya jg tinggi (>> 250F) dan operansinya tdk stabil (banyak shock pressure dan temperature yg fluktuatif karena dari well) sebaiknya pilih material GRE yg SS-Core, seperti produk VCS pikotek atau LineSeal, bisa googling lebih lanjut.

kalo bukan flanged connection, type monolithic Insulation Joint. Cmiiw.

Tanggapan 3 – pison

1. Pada umumnya gasket beserta flange yang ada umumnya hanya coating dengan painting biasa, tidak di coating sesuai dengan line pipe coatingnya. Sedangkan internal coatingnya saya rasa bapak harus minta technical query jika H2S dan CO2 nya tinggi karena memang akan menyebabkan corrosion, pipa dan fitting lainnya juga akan getas. Jadi silahkan saja di cek periodik untuk chemical injectionnya (salah satu jalan keluar saja).

2. Sedangkan jika bapak ingin menanyakan kemampuan si insulation gasketnya jika melihat pressurenya mungkin KAMOS gasket RTJ bisa dipakai pak, gasketnya ini ada semacam pentil yang keluar untuk pengetesan pressure (bukan untuk venting) untuk besarnya pressure bisa terkejar dari pressure content yang bapak punya.

Tanggapan 4 – sugeng.hariyadi

Pak pison,

Utk ring gasket yg existing menurut pandangan anda mampu bertahan brapa lama ya, kalau melihat material properties, ring gasket yg terpasang adalah std.

Tanggapan 5 – gusti04

Betul apa yang dikatakan Pak Pison dibawah, untuk mengetes joinan flange sudah tidak ada bocor lagi setelah dipasang, gasket yang digunakan bisa dipakai kamous gasket. Jadi leak testnya tidak perlu mengisi pipa (mungkin panjang).

Pak Pison, tapi pastikan kamous gasket yang dipasang adalah yang baik kondisinya. Jangan asal pasang, akhirnya kerja dua kali kan? Apakah sudah dapat kamous gasketnya?