Desuperheater fungsinya adalah menurunkan temp didalam pipa (biasanya untuk steam kering temp tinggi dan pressure tinggi), jadi fungsi control instrumentnya tidak jauh berbeda dengan control valve secara umum yaitu mengatur bukaan valve untuk spray air desuperheaternya. Bisa di atur auto dan manual.

Tanya – dian ayu

Dear All,

Saya ingin menanyakan mengenai desuperheater valve.

Apa perbedaan desuperhater valve dengan control valve pada umumnya?

Data process apa saja yang kira2 harus saya miliki untuk mendesain (atau lebih tepatnya melakukan pemilihan) desuperheater valve yang tepat?

Ini pertama kalinya saya mengerjakan datasheet untuk desuperheater valve dan saya belum memiliki gambaran sama sekali mengenai desuperheater valve.
Terima kasih sebelumnya atas bantuan dan informasinya.

Tanggapan 1 – Mahadi Capah

Dear Dian Ayu,

Saya coba menanggapi

saya ingin menanyakan mengenai desuperheater valve.
Apa perbedaan desuperhater valve dengan control valve pada umumnya?

Desuperheater fungsinya adalah menurunkan temp didalam pipa(biasanya untuk steam kering temp tinggi dan pressure tinggi), jadi fungsi control instrumentnya tidak jauh berbeda dengan control valve secara umum yaitu mengatur bukaan valve untuk spray air desuperheaternya. Bisa di atur auto dan manual.

Data process apa saja yang kira2 harus saya miliki untuk mendesain (atau lebih tepatnya melakukan pemilihan) desuperheater valve yang tepat?

Secara design saya kurang bisa menentukan tetapi secara umum adalah kita harus tau jenis apa yang harus di desuperheater spt: steam S/H, steam saturated, design pressure, temp, dll sehingga kita bisa menentukan material dan spesifikasinya, tentu dengan code, rule yang biasanya. Biasanya menggunakan ASME.

Semoga bermanfaat dan mohon ditambahin yang lain.

Tanggapan 2 – Bambang HW

Mungkin penjelasan Desuperheater secara umum ini ada manfaatnya:

Desuperheater valve , secara system adalah gabungan Temperature Control Valve dengan nozzle desuper heater.

TCV yg berfungsi untuk mengatur ‘water flow’ untuk injeksi ke nozzle desuperheater berdasarkan temperature control di pipa steam di downstream Desuperheater dan Nozzle ‘desuperheater’ yg berfungsi untuk mengubah kondisi steam (misal: dari High Pres Steam ke Medium Pres steam atau dari mid press steam ke Low press steam) dengan menambahkan “spray water” (HP Boiler water atau MP boiler water)di steam line.

Kalau dari dilihat dari sisi produk atau konstruksi ( hal ini juga berimpact ke harga, dan juga kemudahan maintenance), secara umum ada 2 type:

1. TCV terpisah dari Nozzle desuperheater, seperti ilustrasi di bawah:

(gambar dapat dilihat di attachment : Desuperheater Valve.)

Data process yg diperlukan ada 4 hal:

1. Data Water: P, T, Q, (Flowrate), pipe Dia.,pipe rating/schedule

2. Data Inlet Steam: P, T, Q, (Flowrate), pipe Dia.,pipe rating/schedule

3. Data outlet steam: P, T, Q, (Flowrate), pipe Dia.,pipe rating/schedule,

4. Max Pressure drop Valve (jika TCV terpisah) dan max Press drop DSH requirement (nozzle atau integrated TCV dgn nozzle).

Mungkin data diatas bisa dikomunikasikan vendor.

Tanggapan 3 – Eman Saja

sedikit tambahan saja,

dalam design desuperheater valve jangan lupa untuk di considere semua case yang ada dalam operasi, baik untuk normal operating case maupun start up case.

sebisa mungkin tidak ada case yang mempunyai water spray flownya 0 lb/hr karena menimbulkan crack pada saat berpindah case yang membutuhkan water spray (seperti fenomena gelas panas yg kosong di isi dengan air dingin)..

selain itu juga harus di considere untuk perlu tidaknya tambahan liner di bagian desuperheater piping nya…

jangan lupa juga di data sheet disebutkan bahwa vendor desuperheater valve harus menginfokan minimum distance untuk desuperheater piping nya baik untuk upstream maupun untuk downstream nozzle of desuperheater.

yang juga penting adalah info ttg turndown ratio yg bisa di handle oleh desuperheater, ini perlu di mentioned juga di data sheet tsb..

semoga membantu.

Tanggapan 4 – sutrisno MM

Dear Dian,

Berikut terlampir gambaran sederhana desuperheater valve, bagaimana mengisi data sheetnya tentu disesuaikan dengan kebutuhannya.

Attachment : Desuperheater.doc