Mohon pencerahannya,pipa >= 32′ X65 dan X70 weldabilitynya beda jauh gak yah? dari segi: prosedur, bahan, cost, welder (certificate), Alat , others (?).

Tanya – hasanuddin_ibrahim

Assalamu ‘alaikum

Mohon pencerahannya,pipa >= 32′ X65 dan X70 weldabilitynya beda jauh gak yah? dari segi:

1. prosedur

2. bahan

3. cost

4. welder (certificate)

5. Alat

6. others (?)

Okey begitu sajah, makasih sebelumnya.

NB: ada link yang berguna untuk pertanyaan di atas?

Tanggapan 1 – Farid Las

Pa. Hasan akan saya bantu untuk menjawabnya ……. Terus terang Pa. saya sudah tidak bermain alais mengotak atik standard ini sejak saya resign dari Nippon Steel Corp. tahun 1994.

Refer ke API std. 1104 pipa dengan Dia. 32′ X 65 mempunyai mechanical properties SPECIFIED MINIMUM YIELD STRENGTH 65.000 Psi. Demikian juga sebaliknya untuk material API 5L X 70 mempunyai specified minimum 70.000 psi.

Perlu diketahui perbedaan mendasar di API std dengan ASME std. dan AWS std. ditentukan oleh nilai specified min. yield strength (API 1140 std) sedangkan kalau ASME, API 650, AWS ditentukan oleh nilai min. tensile strength.

BAGAIMANA DENGAN PROSEDURE ?

Apa yang dimaksud prosedure pengelasannya Pa ?

Jelas didalam API std. 1104 perubahan grade material adalah merupakan salah satu FAKTOR ESSENTIAL VARIABEL. Jadi kalau ada perubahan grade material X 65 ke material grade X 70 jelas prosedure tersebut perlu dilakukan kualifikasi ulang.

BAGAIMANA DENGAN BAHAN.

Untuk bahan pengisi (Filler metal) selama bahan pengisi tersebut masih masuk dalam SATU SPECIFIED GROUP NO masih dikategorikan NON ESSENTIAL VARIABEL.

CONTOH :

Material grade X65 didalam prosedur pengelasannya untuk ROOT PASSNYA menggunakan E.6010 masuk kategori group 1 dengan specified no. A.5.1 dan filler sampai cappingnnya menggunakan E.7018 maka prosedure ini tidak bisa diapplikasi pada material X70 karena material ini menggunakan filler metal E.7010 ===> group 2 dengan specified no. A.5.5.

Contoh diatas berlaku juga untuk penentuan kualifikasi welder karena ESSENTIAL VARIABELNYA ada pada kategori penggolongan FILLER METAL jadi harus DILAKUKAN RECERTIFICATION.

Peralatan

Tidak beda jauh hampir dikatakan sama karena di pipeline untuk proses pengelasan yang paling cocok adalah SMAW proses.

Cost.

Relative mahal karena harus melakukan recertification prosedure dan welder.