Karman Vortex calculation sebenarnya diperlukan untuk menghitung immersed body di dalam fluidanya. Tidak melulu thermocouple atau thermowell. Annubar juga diperlukan.

Tanggapan 1 – agung s

Mohon pencerahan, mengenai karman votec calculation.
Apakah karman votec calculation diperlukan oleh thermocouple saja atau beserta dengan thermowellnya?
Mohon juga pencerahan difinisi / deskripsi karman votec calculation?

Tanggapan 1 – Arief Rahman

Karman Vortex calculation sebenarnya diperlukan untuk menghitung immersed body di dalam fluidanya. Tidak melulu thermocouple atau thermowell. Annubar juga diperlukan.

Untuk kasus thermowell dan thermocouple, menurut saya bergantung bagaimana konfigurasi temperature elemen anda. Kalau dalam pemasangan-nya thermocouple tersebut dipasang tanpa menggunakan thermowell, ya tentu saja thermocouplenya saja yang dihitung. Tapi kalau thermocouple yang dipasangan nantinya akan dimasukkan ke thermoweel, maka yang perlu dihitung adalah thermowell-nya saja karena yang langsung contact dengan fluidanya adalah thermowell.

Prinsip karman vortex untuk thermowell, sepanjang pengetahuan saya adalah cara untuk menghitung seberapa dekat natural frequency installed thermowell (atau barang yang lainnya juga bisa) yang immersed ke fluida tersebut. Ini perlu dilakukan karena sebuah barang yang digetar (excite) di frequency naturalnya maka amplitudonya akan semakin besar (seperti kasus runtuhnya jembatan di San Fransisco hanya karena angin yang berhembus sepoi-sepoi). Untuk kasus thermowell, ini akan menyebabkan patahnya thermowell tersebut karena bergetar dengan simpangan yang makin lama makin besar.

Setahu saya itu ada di ASME PTC (lupa nomer berapa). Detail perhitungan-nya bisa refer ke paper yang dibuat oleh J.W. Murdock (Journal for Power ….)

Semoga membantu, sorry kalau ada yang salah.

Tanggapan 2 – Machmud Riyadh

Penjelasannya mantab banget. Untuk tambahan info standard yg dimaksud Mas Arief adalah ASME PTC 19.3.