Untuk specification dari exhaust filter bisa menghubungi Pertamina Depo yang biasa melayani pengisian avtur di bandara2. Di bandara2 semua kendaraan operational yang dizinkan masuk apron hanya yang sudah dilengkapi saringan ini. Tidak akan mempengaruhi performance mesin kendaraan karena dipasang di bagain ujung akhir knalpot.

Tanya – tirta yadi

Saya ingin tanya ke teman2 Migas. Sewaktu melakukan inspeksi fisik truk pengangkut bahan chemical, pihak client meminta dilakukan inspeksi terhadap saringan buang atau knalpot. Saringan buang tersebut ‘katanya’ harus dilengkapi dengan filter yang terbuat dari Asbestos, mungkin untuk meredap percikan dan panasnya. Tapi yang sependek yang saya tahu penggunaan asbes itu agak abu2 (asbes biru dilarang dan asbes putih di Indonesa tidak dilarang, tapi gimana cara kita bedainnya dengan mata telanjang). kenapa tidak pakai saringan atau peredam yang biasa saja (yang tidak ada asbestosnya).

Yang menjadi pertanyaan saya, ada ga’ yang bisa menjelaskan standard filter exhaust untuk kendaraan yang masuk ke Depo atau sejenisnya? Apakah filter tersebut harus selalu digunakan di jalan raya?( pertimbangan: jika pakai filter tersebut mungkin akan mempengaruhi performa mesin).

Tanggapan 1 – Dafi

Dear pak Tirta,

Setau saya ada pak, namanya spark arrestor, fabricated, bisa googling dg keyword misalnya ‘diesel engine exhaust spark arrestor’ di plant kami, setiap kendaraan (truk produced water, chemical atau dobel) yg masuk wajib diesel dan dilengkapi spark-arrestor, spark arrestor ini di pool di security-gate,dimana setiap kendaraan yg mau masuk diinspeksi (dapat pass-card) dan dipasang spark-arrestor ini (plug & play), begitu keluar plant dilepas lagi, dan spark arrestor ini di taruh kembali di security-gate. Begitu juga semua vent-storage tank yg flamable jg dilengkapi dg spark arrestor ini. Cmiiw.

Tanggapan 2 – tirta yadi

Apakah spark arrestor tersebut harus terbuat dari asbes atau memang semua spark arrestor menggunakan material asbes untuk meredam spark nya? Oh ya, berarti sebaiknya yang menyediakan spark arrestor adalah pemilik lahan atau plant, Saya jadi teringat waktu kunjungan ke Depo Plumpang spark arrestor tersebut disediakan oleh Depo Pelumpang tersebut. thanks a lot Mr. Dafi.

Tanggapan 3 – moh.kadafi

setau saya bahannya bukan dari asbestos, mirip saringan exhaust biasa, dari stainless steel kalo dilihat dari luar. yg menyediakan memang pemilik plant (HSE dept) bagi kendaraan yg masuk ke plant/site location memang wajib ada spark arestor, 4WD dan berbahan bakar diesel.

Tanggapan 4 – I Gede, Sudarka (Istech)

Untuk mudahnya specification dari exhaust filter bisa hubungi Pertamina Depo yang biasa layani pengisian avtur di bandara2. Di bandara2 semua kendaraan operational yang dizinkan masuk apron hanya yang sudah dilengkapi saringan ini. Tidak akan mempengaruhi performance mesin kendaraan karena dipasang di bagain ujung akhir knalpot.

Tanggapan 5 – oki hermawan

Mungkin ini yang dimaksud sama seperti yang ada di kapal2 tanker / yang bekerja di areal migas itu ya…? Biasanya dipasang flame arrestor, seperti net. Kalo untuk asbestos dipasang pada sepanjang pipa gas buang, namun karena penggunaan asbestos dilarang jadi ada material pengganti namun namanya saya lupa tapi bisa dibrowse aja di IMPA (International Marine Purchase Association).