Thermowell (TW) adalah ‘kondom’ atau sarung dari thermo-element (TE) yang digunakan dalam pengukuran temperature suatu (biasanya) moving fluid di dalam pipe/conduit/vessel yang bertekanan. Jadi fungsi utama mengisolasi fluid (proses) yang diukur supaya pada saat dilakukan penggantian atau perbaikan TE tanpa menggangu proses (fungsinya seperti isolation valve pada PT). Note: Pengukuran temperature tidak selalu/harus menggunakan TW.

Tanya – budi yuwono

Dear bapak-bapak semua,

Mohon diberikan pencerahan tentang pemilihan thermowell (flanges dan welded). di hook up dwg yang kami miliki, flanges dipakai untuk vessel, sementara untuk yang pipeline dipakai yang welded. apakah hal ini sudah harga mati, artinya welded hanya dipakai untuk aplikasi di piping system dan flanges hanya untuk di vessel saja ataukah ada pertimbangan lain.

Demikian dari saya, mohon kesediaan bapak2 untuk memberikan pencerahan. terimakasih atas perhatiannya..

Tanggapan 1 – Arief Rahman

Setahu saya bisa juga screw connection in addition to Flange dan Weld. Flange type connection akan memudahkan anda kalau perlu mencabut-mencabut thermowellnya. Makanya untuk di vessel mungkin lebih bagus pakai flange. Kalau di pipe umumnya di pakai screw type kalau jarang-jarang dilepas-lepas.

Setahu saya kalau dikhawatirkan akan berbahaya kalau ada leak (misalkan fluida yang mengalir di dalamnya beracun), maka welded connection lebih baik. Yang jelas kalau welded, ya nggak bisa di lepas-lepas.

Tanggapan 2 – Arnold Edward

Mungkin yang dimaksud Pak Arief bukan mencabut-cabut Thermowellnya, tetapi mencabut-cabut Thermocouplenya. Sebab kalau thermowell dipasang pada tempat yang bertekanan atau memiliki media Liquid, gas atau padat (chemical), tentu tidak bisa dicabut pada kondisi operasi normal. Saya kurang jelas maksud Pak Budi dengan Flanges atau Welded. Kalau ditempat saya untuk Pengukuran temperatur pada pipa atau vessel yang bertekanan, pasti menggunakan Thermowell Type Flanged Plain. Atau memiliki Flange dengan Screw Connection. Dengan Bulb Well umumnya Tipe Tapered (tipe Straight, sedikit digunakan). Untuk Thermowell yang tanpa menggunakan Flange, hanya dipakai pada mesin2 (pompa/compressor) untuk temp.Lube oil.

Mungkin yang perlu bapak perhatikan adalah, Jenis materialnya. Material Bulb Well tidak harus sama dengan material untuk Flange. Class material untuk flange bisa saja lebih rendah. sehingga harganya bisa lebih murah. Kemudian pada Thermocouplenya, ada 2 jenis Sheated yg sering digunakan. Metall Sheated atau Cheramic Sheated. Permasalahan pada Metall Sheated, Thermocouple sering lengket pada Thermowell. Mungkin karena panas terus menerus dan menempel, lama2 lengket (mungkin..?). dan ini sudah beberapa kali terjadi. Tentu perbaikannya pada saat Stop operasi. Kalau thermocouple bisa di cabut dengan paksa, tidak masalah, ganti Thermocouple. Tetapi kalo tdk bisa dicabut, ya.. genti sekalian dengan thermowell-nya.
Dan mungkin pak budi juga tahu perihal Type Thermocouple, Grounded atau Ungrounded, dan klasifikasi jenis material yang rekomended digunakan pada kondisi operasi tertentu. Skedar untuk pembanding. Maaf kalo ada kesalahan, silahkan koreksi.

Tanggapan 3 – Waskita Indrasutanta

Kalau thermowell nozzle dilengkapi dengan isolation ball valve, dengan SOP untuk safety, thermowell bisa dilepas/dicabut dalam keadaan operasional (pressurized).

Meskipun memberikan beberapa kesulitan untuk maintenance, umumnya welded process connection dilakukan agar tidak terjadi kebocoran terutama untuk process yang berbahaya (high pressure, high temperature, flammable atau toxic process material, dsb).

Untuk pengukuran fast response temperature, ada kalanya thermowell perlu diisi dengan fill liquid supaya daya hantar panas thermowell ke sensor lebih baik.

Kalau tidak terpaksa, sebaiknya grounded thermocouple jangan digunakan karena sering bermasalah.

Tanggapan selengkapnya dari pembahasan ini dapat dilihat dalam file berikut: