Mohon advise dari rekan2 mengenai preparation pigging work. Dalam sudut pandang contractor, pada instalasi pipa baru, apabila akan melakukan pigging (cleaning/gauging) pada keseluruhan line pipa (include MV, MOV, check valve, ESDV), parameter2 apa saja yang benar2 menjadi concern pada pekerjaan ini?

Tanya – Don Chicio

Dear rekan Migas,

Mohon advise dari rekan2 mengenai preparation pigging work.

Dalam sudut pandang contractor, pada instalasi pipa baru, apabila akan melakukan pigging (cleaning/gauging) pada keseluruhan line pipa (include MV, MOV, check valve, ESDV), parameter2 apa saja yang benar2 menjadi concern pada pekerjaan ini?

Sepengetahuan saya beberapa paramater yg menjadi concern adalah sebelum melakukan pigging, hrs diidentifikasi terlebih dahulu apakah valve tsb pigable atau tidak, apakah benar? lalu apa parameter lainnya?

Tanggapan 1 – Isya isya.muhajirin

Pak HWD,

Selain valve (max bore diameter, type valve), mungkin perlu dipertimbangkan juga mengenai:

– bend (type, radius)

– tie-in connection

– possible pipe reduction

– jenis pig

– sequence pigging

Untuk new constructed pipeline, sy belum pernah melakukan tapi saya pikir tidak akan jauh berbeda dengan yang dahulu pernah dilakukan untuk maintaining pipeline integrity.

Tanggapan 2 – Don Chicio

terima kasih atas advisenya pak Isya.

kalau boleh saya menanyakan lagi pak, apa yg menjadi dasar pertimbangan, mengapa suatu valve dikatakan pigable dan not pigable. dan tipe pig apa yg tidak boleh
mohon pencerahan dari Pak Isya dan rekan2 yang lain.

Tanggapan 3 – isya.muhajirin

Pak HWD,

Sepengetahuan saya, suatu valve dikatakan unpiggable/piggable adalah kalau jenis pig yg kita gunakan tidak/bisa melewati valve. Atau sekurangnya apa potensi yg bisa terjadi apabila pig melewati valve tersebut. Kalau potensinya adalah pig stall atau nyangkut, atau bahkan stuck dan plugging kita bisa bilang valve tersebut unpiggable.
Untuk saya, intinya kita harus tahu valve apa saja yang akan dilewati oleh pig dan bagaimana mengenai bore diameter dari valve tersebut. Apakah cukup untuk dilewati oleh suatu jenis pig? Kita bisa berimajinasi bagaimana perilaku pig ketika melewati valve tersebut.

Untuk tipe pig yang tidak boleh digunakan, ya Pak? Hmmm…saya pikir untuk cleaning dan swabbing new constructed pipeline hampir semua jenis bisa digunakan, namun yang mungkin harus diperhatikan dan cukup penting adalah diameter dari pig serta flexibilitas dari PU cup atau disc yang akan digunakan. Jangan sampai ketika masuk kedalam pipa si pig tidak bisa mengakomodir ID pipa atau bahkan kekecilan sehingga efek cleningnya tidak ada.
Mungkin segitu tambahan dari saya.