Saya mengalami permasalahan di fire detection (cirberus packages) sudah satu minggu ini ada signal palsu yang aktif untuk heat dan gas detector yang mengakibatkan station shutdown. Setelah kita periksa di field samasekali tidak ada tanda-tanda adanya gas leak ataupun heat. Setelah system kita reset hal ini terjadi kembali. Nah untuk sementara sistem yang mengidikasikan signal ini kita isolated. Namun tentunya tidak berlama-lama. mungkin dari rekan ada yang pernah mengalami hal yang sama, mohon pencerahannya.

Tanya – Rifki Alkhiriz

Begini Pak, saya mengalami permasalahan di fire detection (cirberus packages) sudah satu minggu ini ada signal palsu yang aktif untuk heat dan gas detector yang mengakibatkan station shutdown. Setelah kita periksa di field samasekali tidak ada tanda-tanda adanya gas leak ataupun heat. Setelah system kita reset hal ini terjadi kembali. Nah untuk sementara sistem yang mengidikasikan signal ini kita isolated. Namun tentunya tidak berlama-lama. mungkin dari rekan ada yang pernah mengalami hal yang sama, mohon pencerahannya.

Tanggapan 1 – Sutanto

Pak Rifki, harap hati-hati bila ini terjadi.

1. Bisa memang beneran ada gas bocor (mungkin kecil). Pernah salah satu perusahaan Oil & Gas menganggap sepele tentang hal ini, tetapi akibatnya fatal.

2. Bisa dilakukan kalibrasi sensornya.

3. Periksa sistem komunikasi-nya dari sensor ke control room

terima kasih

Tanggapan 2 – Jayandi S Panggabean

Pak Rifki,

Apakah sudah pernah diperiksa daerah yg dimonitor dengan infrared camera atau UV Camera, Pak?

Tanggapan 3 – Arief Rahman T

Sistem F&G yang dipasang addressable atau conventional (point-to-point) system ?

Anyway, apapun sistemnya ada baiknya anda check dulu system groundingnya.

Grounding system yang sekarang terpasang sudah sesuai dengan grounding requirement F&G-nya atau tidak. Saya pernah install system fire yang drain/ground harus dilakukan di F&G controller-nya, tapi karena kontraktornya tidak mengerti drain wire-nya di sensor tidak di isolasi (hanya digulung) sehingga short ke body sensor. Maklum, posisi sensornya nun jauh di atas compressor jadi nggak berani check. He .. he …. Ketahuan-nya juga beberapa minggu berikutnya.

Gas sensornya memakai catalytic atau optic based sensor ? Kalau catalytic, dia rentan sama humidity.

Semoga membantu.

Tanggapan 4 – Suplintama

Pak Rifki,

Coba dicek kondisi sensor-sensor fire dan gas sensor tersebut.Untuk gas, bisa dilakukan dengan melakukan kalibrasi terhadap sensor tersebut. Praktikal yang sering digunakan, bila hasil penunjukannya adalah setengah dari gas yang diinjek, maka sensor tersebut perlu diganti.

Atau, kemungkinan lain adalah disebabkan induksi petir/gelombang elektromanetik yang membangkitkan sinyal palsu.

Kalau bapak tidak keberatan, tolong dikirimkan specs dari sensor-sensor tersebut via japri untuk tidak mendiskreditkan nama produk tersebut dimata rekan-rekan lainnya.Mungkin saya bisa berikan tambahan masukan dari karateristik sensor tersebut. Setahu saya Cerberus fire sensor cukup bagus.