Risk Based Inspection (RBI) adalah metode untuk menentukan rencana inspeksi (equipment mana saja yang perlu diinspeksi, kapan diinspeksi, dan metode inspeksi apa yang sesuai) berdasarkan resiko kegagalan suatu peralatan. Resiko (Risk) menurut konsep RBI adalah probability of failure (PoF) dikalikan consequence of failure (CoF). PoF adalah kemungkinan terjadinya kegagalan pada suatu periode tertentu. CoF adalah konsekuensi apabila suatu equipment gagal. CoF ada 4 macam yaitu: konsekuensi safety (jumlah personel yang cedera/meninggal), ekonomi (jumlah uang yang hilang akibat berhentinya produski), lingkungan (polutan yang mencemari lingkungan), dan hukum/politik. Tahap I dari RBI disebut screening atau qualitative RBI. Tujuan tahap I ini adalah memilah-milah equipment mana saja yang diprioritaskan untuk diinspeksi.

Tanya – Si LUCHU NAN GAGAH

Saya herman wahyudi..

Saya ingin menanyakan tentang Risk Base Inspection….

1. apa itu risk based inspection

2. apa aplikasi di lapangan untuk risk based inspection

3. apakah ada kursus/training untuk risk based inspection ini dan bagaimana cara nya?

4. lembaga mana saja yang mengadakan risk based inspection di indonesia?

Terimakasih sebelum nya..

Tanggapan 1 – Dody Hariadi

P’ Herman,

Dengan merefer pada API Recommended Practice 580, Risk-Based Inspection adalah Risk assessment dan managemen proses yang terfokus pada kegagalan peralatan karena kerusakan material. Jadi dengan RBI kita bisa membuat inspection program berdasarkan risk yang terjadi.

Adapun aplikasi untuk oil and gas production, refinery, petrochemical dan power plant dan peralatan yang dicover adalah pressure vessel, process piping, storage tanks, rotating equipment, boiler, heater, heat exchanger dan pressure relief devices.

Ada beberapa lembaga training RBI seperti Univ. Indonesia, APITINDO program DPKK MIGAS.

Untuk saat ini RBI sudah diimplementasikan di beberapa oil and gas company seperti BP West Java, EMP, Total, Vico, PT. Badak Ngl.

Demikian penjelasanya, semoga membantu.

Tanggapan selengkapnya dapat dilihat dalam file berikut: