Saya sedang mencoba menganalisa piping sistem dengan menggunakan software Caesar II.V4.2. Saya mengalami kesuliatan dalam mencari harga density untuk fluid density dan pipe density, mohon pencerahannya dengan sejelas-jelasnya bagaimana cara menentukan nilai density tersebut. terima kasih.

Tanya – novil sarwani

Saya mahasiswa yang sedang tugas akhir yang mencoba menganalisa piping sistem dengan menggunakan software Caesar II.V4.2.
Saya mengalami kesuliatan dalam mencari harga density untuk fluid density dan pipe density, mohon pencerahannya dengan sejelas-jelasnya bagaimana cara menentukan nilai density tersebut. terima kasih.

Tanggapan 1 – Teddy (Moderator KBK Piping)

Novil,

Fluid density ditentukan oleh process condition, dan jenis fluidanya apa.

Untuk kondisi saudara, bisa di tentukan dari berbagai tabel properties material dari jenis fluidanya pada temperature operasi/desain yang ditentukan. Tabel properties bisa didapat dari buku2 termodinamika atau heat transfer atau mekanika fluida.

Untuk pipe density, bukankah itu otomatis mucul saat ada menentukan jenis material pipanya di input spread sheet???? Apakah material pipanya sehingga itu tidak ada di database Caesar???

Kalau saya boleh tahu, apa jenis fluidanya? berapa temperaturenya? apa material pipanya??

PS: saya ganti subjectnya.

Tanggapan 2 – novil sarwani

makasih mas Teddy atas penjelasannya,

bagaimana jika service fluidanya campuran seperti : HC Gas + Crude Oil + Prod. Water bagaimana cara mencari densitasnya, apakah harus dicari satu persatu lalu dijumlahkan ?? atau bagaimana ??.

temperatur operasinyanya 200 deg F, pressurenya 250 psig, dan material pipanya A106B.

Tanggapan 3 – Dirman Artib

Ambil sample dan lakukan test di Lab Pak !

Tanggapan 4 – Teddy (Jakarta)

Pak Novil,

Kalo untuk kasus multiphase seperti ini, tidak bisa langsung main hantam saja. Untuk mudahnya, saya bisa saja katakan: ‘ ambil saja 1 sg untuk conservative case, karena pipanya nanti di hydrotest pake air’. Tapi ini juga tidak valid, karena bisa jadi crude oilnya berviskositas tinggi, dan komposisinya mendominasi…. Kalau mau detail ya tentukan dulu komposisinya seperti apa. Kalau ini memang untuk skripsi, saya berpikir minimal ada data fluidanya. Bisa dari sampel lab, bisa ambil dari existing facility (untuk ini anda harus minta ijin dulu dari yang punya) bisa dari printout hysis dsb,bisa juga berasumsi ria (meskipun saya tidak merekomendasikan). Dalam praktek sesungguhnya, ini wilayah process department. Sebaiknya anda rundingkan dulu dengan dosen pembimbingnya, mau ambil jalan tengah seperti apa.

Tapi begini mas, supaya progress anda tidak mandek hanya karena fluid density, untuk tahap awal anda pegang saja dulu basis temperatur dan pressurenya, lalu mulai develop model dalam caesar. Urusan density dan mencari data bisa sambil jalan, karena dalam kondisi sesungguhnya, pekerjaan input data ini hanya porsi kecil saja dari proses development, analisis, rekomendasi, dan implementasi desain, termasuk support desain.

Untuk Material pipa A106B, ini pasti ada di database CaesarII. Tapi untuk singkatnya density A106B adalah 7833.41162 kg/cu.m.