Di perusahaan kami beberapa waktu yang lalu terjadi kerusakan PABX system ,hal ini terjadi karena hujan yang cukup lebat di sertai petir yang mengakibatkan 2 power supply dan 1 card internal call phone number (yang terdiri dari 8 line) rusak. System instalasi power listrik sebelum masuk ke PABX, kami lengkapi dengan AVR 1000 VA , UPS , External Power Battry 24 VDC dan system grounding berdasarkan hasil pengukuran pentanahan (megger) 0.75 ohm.

Tanya – indra@mrk

Mohon pencerahan…

Di perusahaan kami beberapa waktu yang lalu terjadi kerusakan PABX system ,hal ini terjadi karena hujan yang cukup lebat di sertai petir yang mengakibatkan 2 power supply dan 1 card internal call phone number (yang terdiri dari 8 line) rusak.
system instalasi power listrik sebelum masuk ke PABX, kami lengkapi dengan AVR 1000 VA , UPS , External Power Battry 24 VDC dan system grounding berdasarkan hasil pengukuran pentanahan (megger) 0.75 ohm untuk merk PABX tak perlu saya sebutkan, ngak enak…….

Analisa yang telah kami lakukan…..

1. untuk AVR 1000 VA , UPS , External Power Battray 24 VDC agak nya tidak berfungsi maksimal atau dengan kata lain ngak bisa mengantisifasi secara maksimal jika terjadinya lonjakan dan drop pasokan power Listrik.. Saya minta bantuanya dong..Specifikasi dari masing-masing alat ini yang khusus untuk PABX….

2. dalam system pentanahan, khususnya untuk PABX ada ngak ketentuan-ketentuan yang sfecific….?

3. Untuk External Telephone dari Telkom, saya pernah dengar ada komponen khusus yang bisa di manfaatkan sebagai grounding sebelum masuk ke PABX …… bisa kasih informasi apa nama dan specifikasi Komponen tersebut ? dan di indonesia ada Distronya ngak ya ?

saya ucapkan terima kasih….

Informasi dari anda sangat saya perlukan …..

Tanggapan 1 – erwin.guci@petrosea

Setahu saya sih…….Protection yg harus di lakukan……External dan Internal………………, kalo external seperti Penangkal petir di luar rumah…………….dan internal, seperti perangkap lonjakan impuls listrik, dan ini di letakan di :

1. sumber cable data yg ke incoming alat yg di proteksi

2. sumber power listrik yg ke incoming alat yg di proteksi

3. sumber RF cable yg ke incoming alat yg di proteksi

#Sebaik nya pemasangan , di buat bertingkat…….dari kA terbesar sampai kA terkecil ( Biasanya 2 kA, tergantung kemampuan max kemampuan alat yg di proteksi ).

#Kusus untuk AVR anda, ini cuma mengatisipasi naik turun voltase listrik, tapi tidak akan mampu…mengikuti..lonjakan impuls listrik yg berkecepatan mincro detik, jadi impuls nya tetap lolos dan menghantam peralatan listrik anda.

#Untuk Distributor alat Internal Proteksi, di indonesia cukup banyak yg bisa di percaya ( Gak bisa sebut merk..lho..nanti dosa ).

#Untuk Grounding nya sich cukup ok…jadi tinggal di re-design lagi system yg konfigurasi system yg baru..langsung apply.

Tanggapan 2 – chormen@cbn

]

Yth. Bapak Indra,

Untuk mengatasi grounding sebaiknya sebelum peralatan tersebut dipasang Isolation Transformer.

Kebetulan PT. Limawira Wisesa tempat saya bekerja menjadi distributor peralatan tersebut dengan merek Remington.

Untuk lebih jelasnya keuntungan Isolation Transformer tersebut silahkan anda menghubungi kami melalui japri.

Terima kasih atas perhatiannya.

Tanggapan 3 – suplin

Pak Indra,

Saya mencoba nimbrung untuk hal ini, bahwa UPS hanya membantu mempower up system bila terjadi pemutusan listrik sesaat.
Akan tetapi bila terjadi induksi petir (tidak strike petir secara langsung), UPS tidak akan bisa membendung spike yang terjadi karna terjadi dalam micro/nano second dengan current yang cukup tinggi dalam ordo kA.
Hal itu yang menyebabkan kerusakan pada communication system bapak, bisa terjadi dari power source maupun dari kable line communication.

Untuk itu, biasanya daerah yang lokasinya banyak petir , perusahaan-perusahaan banyak menggunakan proteksi yang disebut surge arrester atau surge protection device.

Saya ada beberapa teknikal note yang berkaitan dengan hal ini.Bapak bisa kontak saya via japri ke talleo@suplintama.co.id.