Knife gate valve bisa dipasang di posisi vertical, knife gate valve banyak dipasang dibawah silo yang digunakan untuk penyimpanan powder atau pellet.

Tanya – robby yuli yuli

Dear Millis Migas yang para pakar valve dan piping.

Ada yang ingin saya tanyakan mengenai knife gate valve :

1. Apakah di ijinkan knife gate valve itu di pasang posisi vertical

2. Kalau untuk menghindari effect clogging dan turbulence katanya bisa ditambahkan pemasangan deflection cones, se effective apakah fungsi deflection cones ini,mohon pencerahan nya. Efective tidak bila di gunakan yang high flow untuk posisi down stream nya terima kasih atas pencerahannya.

Tanggapan 2 – Ischaq SumartonoHadji

Knife gate valve bisa dipasang di posisi vertical, ditempat saya bekerja knife gate valve banyak dipasang dibawah silo yang digunakan untuk penyimpanan powder atau pellet.

Tanggapan 3 – robby yuli yuli

Terima kasih Pak Ischaq atas tanggapan nya.

tapi ditempat saya sering kali bermasalah dengan knife gate valve apabila dipasang vertical ( apalagi kalau di jalurnya discharge line pump ) seringkali seat nya bermasalah dan terjadi abrasive di housing seat nya. Mungkin di tempat bapak adakah treatment lain dalam pemasangan knife gate valve bila dipasang vertical, atau viscositas nya juga berpengaruh.

please share pak ischaq.

Tanggapan 4 – Ischaq SumartonoHadji

Pak Robby,

Knife gate valve yang terpasang ditempat kami tidak mengalami abrasive karena servicenya yang tidak menimbulkan abrasive juga pressurenya tidak besar . Juga tidak ada treatment khusus dan memakai material SUS 304 baik untuk inner body, stem, plate dan seat, sedangkan bodynya memakai cast iron . Mungkin untuk mengurangi abrasive bisa memakai material SUS 304 seperti yang kami gunakan.

Tanggapan 5 – robby yuli yuli

Terima kasih Pak Ischaq

Saya mau share juga knife gate valve yang bapak applikasikan di plant bapak :

1. beroperasi pada tekanan dan jenis fluida nya apa ?

2. apakah pernah mencoba ditambahkan deflection cones ?

Tanggapan 6 – Ischaq SumartonoHadji

Pak Robby,

Beroperasi pada tekanan rendah karena dipasang dibawah silo dimana iso silo tersebut turun hanya karena gravitasi. Fluidanya adalah berupa powder atau pellet (biji plastik) polyethylene.
Belum pernah ditambahkan deflection cones.