Untuk splitter RTD Pt100 dapat dilakukan dengan batasan tidak terlalu jauh antara sensor dan splitter ataupun langsung kepada 2 buah display indicator tersebut (local panel) dikarenakan resistansi dan penurunan mV nya, ada beberapa mfr splitter tersebut. Akan jauh lebih baik memakai converter yang mempunyai 2 AO 4-20mA + 2 bh Indicator atau 1 Display Indicator yang mempunyai AO dg option re-transmission output + 1 Display Indicator std.

Tanya – Thomas Ari Negara

Dear Temen-temen,

Saat ini saya memiliki aplikasi dimana signal dari Sensor PT100 yang berupa resistansi ingin ditampilkan dalam 2 display indicator. Apakah temen-temen punya pengalaman menggunakan device signal splitter untuk resistansi dari Sensor PT100 ini. Yang saya tahu baru signal splitter untuk signal 4-20mA. Terima kasih.

Tanggapan 1 – alfian luqman

Pak Thomas,

Mungkin yang dimaksud bukan PT100 splitter, tetapi PT100 sendiri dengan 4 wire.
Dengan 4 wire PT100, kita bisa ‘split’ signal itu dengan menggunakan masing-masing 2 wire..

Tanggapan 2 – Thomas

Rekomendasi Bapak Alfian sudah saya lakukan. Sebagai informasi old PT100 adalah 3 wires, kemudian saya replace menggunakan PT100 4 Wires.

Tetapi ada masalah di kedua indicator, yaitu high temperature alarm selalu muncul. Kemudian saya lepas kabel ke salah satu indicator dan bergantian, maka tampilan di digital indicator menjadi normal kembali. Mungkinkah itu disebabkan oleh resistansi yang terbaca di digital indicator terlalu besar, sehingga high alarm di kedua digital indicator selalu muncul.

Jadi sampai saat ini saya masih belum menemukan solusinya.

Tanggapan 3 – cahyo

Kalo ga salah produk-produk phoenix contact punya sinyal splitter.

tapi kebanyakan buat sinyal 4-20 mA.

Produk produk weidmuller juga bisa di coba Pak.

maaf hanya general info saja.

Tanggapan 4 – Thomas

Mas Cahyo,

Itu produk weidmuller akurasi dalam mensplit signal sampai berapa yach?

Tanggapan 5 – cahyo

Hallo Pak Thomas

kalau masalah resolusi harus tanya ke vendornya langsung Pak =).

Saya pernah pakai Phoenix Contact, sinyal input saya masukkan ke splitter, saya pakai ini karena sifat splitter ini merupakan buffer (tidak membebani input).Dari splitter baru bisa di olah lagi oleh system yg lain.

dalam kasus bapak mungkin diperlukan satu converter dari PT100 ke besaran mA lalu outputnya ke splitter,

tapi kok jadi ringkih yah?

Tanggapan 6 – Herdiarto Siswoyo

Pak Thomas,

Saya pernah menggunakan STED-RTD Converter dan JUXTA series dari Yokogawa. Device tersebut memiliki satu input yaitu PT100/JPT100 (tergantung model no nya) dan dua output berupa signal 4-20 mA.

Tanggapan 7 – Ahfas, Amir

Pak Thomas,

Ada beberapa meter yang memiliki feature sebagai berikut,

‘Temperature meters are intended for connection to various thermocouples or temperature dependant resistors with the possibility of analogue output (0…10 mA Rmax=200Ω). The accuracy class is 1.5.’

Jadi secara teoritis harusnya menampilkan temperatur dalam 2 display tanpa splitter pun bisa dilakukan.

Tanggapan 8 – irsan

Pak Thomas,

Untuk splitter RTD Pt100 dapat dilakukan dengan batasan tidak terlalu jauh antara sensor dan splitter ataupun langsung kepada 2 buah display indicator tersebut (local panel) dikarenakan resistansi dan penurunan mV nya, ada beberapa mfr splitter tersebut.

Akan jauh lebih baik memakai converter yang mempunyai 2 AO 4-20mA + 2 bh Indicator atau 1 Display Indicator yang mempunyai AO dg option re-transmission output + 1 Display Indicator std.

Mudah2an membantu.