Perusahaan kami sedang mengerjakan job tank cleaning (crude oil). Diameter tangki 76 m menggunakan floating roof. Roofnya sudah penyok dan roof seal sudah rusak (seal antara roof dg dinding tangki). Untuk persiapan sebelum cleaning semua lubang / bocoran harus tertutup. Mohon bantuan info jika ada supplier (rental atau jual) yang punya balon untuk menutupi gap antara roof dengan dinding tsb. Ukuran gab antara 20 – 50 cm. Atau mungkin ada yg punya pengetahuan bagaimana cara menutupi gap tsb yg sifatnya cuma sementara. Terima kasih untuk bantuannya.

Tanya – Al Djabar

Mohon bantuan informasi,

Perusahaan kami sedang mengerjakan job tank cleaning (crude oil). Diameter tangki 76 m menggunakan floating roof. Roofnya sudah penyok dan roof seal sudah rusak (seal antara roof dg dinding tangki). Untuk persiapan sebelum cleaning semua lubang / bocoran harus tertutup. Mohon bantuan info jika ada supplier (rental atau jual) yang punya balon untuk menutupi gap antara roof dengan dinding tsb. Ukuran gab antara 20 – 50 cm. Atau mungkin ada yg punya pengetahuan bagaimana cara menutupi gap tsb yg sifatnya cuma sementara.

Terima kasih untuk bantuannya.

Tanggapan 1 – Zulkifli Taher – IAOD

Pak Alfia Djabar,

Informasi yang Bapak tampilkan khususnya tingkat kerusakan roof sealnya kurang lengkap. Apakah hanya sekedar kendor atau sudah robek berantakan. Kalau hanya sekedar kendor, gap antara shell plate dengan floating roof bisa ditutup dengan sealnya itu sendiri. Kedalam seal diisi dengan sejenis cairan sehingga mengembang kembali sampai menutup seluruh gap yang ada. Tapi kalau rubbernya sudah ada yang sapai robek memang agak sulit.

Agar bisa saya memberikan bantuan lebih jauh, mungki Bapak bisa memberikan gambaran agak lebih detail bisa lewat japri atau tetap lewat jalur ini mana tahu ada anggota milis yang lain ingin ikut memberikan saran. Saya pernah pengalaman terlibat dalam klining tangki kondensat di Arun (dalam roof sealnya pakai poliurethane foam) dan nafta di Cilegon (dalam roof sealnya pakai HC liquid).

Informasi yang perlu diperjelas:

1. Tingkat kerusakan rubber dari roof seal.

2. Tingkat kerusakan penyoknya floating roof.

3. Kenapa gap tersebut hari ditutup rapat bukankah pada saat klining perlu adanya gap agar cepat HC free agar orang bisa cepat masuk, apakah kliningnya pakai steam?

Tanggapan 2 – alfia

Terima kasih pak Zulkifli untuk respondnya. Jawaban pertanyaannya sbb:

1. Rubbernya total sudah hancur.

2. Floating roof penyok 30%, tapi tidak sampai robek.

3. Gap harus ditutup, karena kami akan injeksi N2 untuk menurunkan kadar O2 8% untuk mencegah kebakaran/ledakan. Cleaning dg menggunakan semprotan oil panas dan sludge disedot pakai pompa dari luar. Sebelumnya ada beberapa cold cut di atas roof tsb.

Tanggapan 3 – edfarman@ikpt

Pak Alfia,

Masukan dari Pak Zulkifli bisa diterapkan, tapi sayangnya tidak memungkinkan, karena kondisi seal sudah 100% hancur. Seharusnya bukan hanya cleaning saja yang dibutuhkan di sana, dengan menggunakan ‘temporary seal (?)’. Dari kondisi yang digambarkan tangki tersebut seharusnya ‘Out of Service’ atau ‘Total shutdown’. Karena seharusnya ada repair floating roof yang penyok 30% dan juga penggantian seal rusak 100% dalam scope maintenance yang dilakukan. Jika cuma cleaning dan in service lagi, secara process & operation sangat tidak ekonomis karena vaporisasi. Akan ada losses di sekitar seal gap, apalagi dengan size tank 76 m diameter – karena panas matahari ke body tangki saja.

Sepertinya Floating Roof Seal tangki yang dimaintain menggunakan Vapor/Liquid Foam Type. Sebaiknya sekalian rekomendasikan owner untuk mengganti floating roof sealnya menjadi Metallic Shoe Seal Type berikut Secondary Wiper Seal Type untuk jadwal maintenace yang selanjutnya. Type ini boleh dibilang maintenance free – Bagus buat client tapi mungkin tidak begitu bagus untuk maintenance job seperti perusahaan Bapak Alfia Djabar. :
-). Btw, ini internal floating roof atau external floating roof (Open Top Tank)? Jika internal floating roof, barangkali cukup primary seal, secondary seal bisa tidak digunakan.

Model ini lebih mudah dalam replacement ataupun installasinya. Cukup dari atas floating roof tanpa harus turun ke bawahnya, sehingga pada saat beroperasipun memungkinkan. Yang harus disiapkan hanyalah holes for seal & its hanger mounting. Biasanya mounting holes ada di outer rim extension. Holes ini mungkin juga bisa memanfaatkan mounting seal type yang lama. Perkiraan, untuk size 76 m diameter, membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk holes preparation dan installation – normal working hour. Dengan catatan material sudah dipesan dan available at site/tank area.