Untuk membuat suatu organisasi chart, kita musti tahu work procedure dari company kita, misal bagaimana caranya issue material dari store, bagaimana cara storage items yang kita beli, bagaimana record purchasing request saat kita beli material dll. Dari situ baru kita tahu posisi2 apa saja yang akan kita butuhkan di org chart untuk menghandle fungsi2 yang ada untuk mengakomodasi prosedur kerja company kita.

Tanya – Devi Noviandi

Dear Rekan2 Milist,

Saya ada sedikit pertanyaan; seperti apa chart organization atau system yang ada di dalam satu departemen, misalkan departemen Material kalo memang ada..apakah setiap company berbeda system atau sama.?

Saya agak sedikit bingung, basic saya dari designers sekarang dipindah tugaskan untuk ngurusin Material Issue Slip (MIS).

Terimakasih atas perhatianya..

Tanggapan – Mubarok

Mas Devi,

Memang setiap perusahaan masing2 berbeda strukturnya, tergantung dari prosedur kerja masing2 company.

Contoh di tempat saya store ada 2, dimana satu store umum untuk material yang stock (bisa dipakai untuk semua project) satu lagi store untuk items khusus yang dibeli per masing2 project. Tentu org chartnya beda dengan company yang punya satu centralized store.

Saran saya untuk membuat suatu org chart, kita musti tahu work procedure dari company kita, misal bagaimana caranya issue material dari store, bagaimana cara storage items yang kita beli, bagaimana record purchasing request saat kita beli material dll. Dari situ baru kita tahu posisi2 apa saja yang akan kita butuhkan di org chart untuk menghandle fungsi2 yang ada untuk mengakomodasi prosedur kerja company kita.