Untuk memastikan apakah piping yang dimaksud ikut ke ASME VIII atau ASME B31.3, silahkan lihat Fig 300.1.1 Diagram illustrating application of B31.3 piping at equipment. Kalau ternyata berdasarkan illustrasi gambar piping ini jatuh nya ke ASME B31.3 maka tabel 331.1.1 yang digunakan sebagai referensi. Tapi informasi di table di atas adalah basic requirement dengan assumsi berlaku untuk semua aplikasi tidak specific ke product tertentu seperti di nyatakan di para 331.

Tanya – Muhammad

Dear All

Ada yang mau saya tanyakan untuk PWHT dengan material SA-335 P22 dan P11 dengan thk 9 dan 7 mm… (dikarenakan client perusahaan kami meminta untuk coil di piping heater mereka untuk di PWHT dan di buatkan procedurenya).
pertanyaan sebagai berikut:

1. untuk PWHT welding di Piping saya harus gunakan code asme b31.3 atau asme sec VIII div.1 Table UCS-56 P-No5 dan 4

2. jika saya melihat di Asme B31.3 not requirement for thk di bawah 1/2′
mohon untuk bisa di berikan pencerahan dan koreksi jika saya salah…

Tanggapan – azizar lawer

Pak Yandhi,

Untuk memastikan apakah piping yang bapak maksud ikut ke ASME VIII atau ASME B31.3 silahkan lihat Fig 300.1.1 Diagram illustrating application of B31.3 piping at equipment.

Kalau ternyata berdasarkan illustrasi gambar piping ini jatuh nya ke ASME B31.3 maka tabel 331.1.1 yang digunakan sebagai referensi.

Tapi informasi di table di atas adalah basic requirement dengan assumsi berlaku untuk semua aplikasi tidak specific ke product tertentu seperti di nyatakan di para 331.

Seperti contoh untuk sour and amine service maka tabel ini ngga berlaku lagi karena untuk 2 jenis service ini PWHT diberlakukan untuk semua material regardless of thickness. Dalam hal ini PWHT di laksanakan bukan karena code compliance tapi karena environment including service condition yang menyebabkan stess corrosion cracking.

Dalam hal kasus bapak, dalam pembuatan procedur nya juga harus jelas bagaimana cara me maintain preheat dan interpass temperatur (apakah pakai normal burner atau element). Kalau pakai normal burner bagaimana melakukan nya untuk pengelasan sockolet? harus nya selama pengelasan interpass temperatur di maintain dengan element.

Dan hal terpenting lain nya yang harus di cantumkan dalam procedure nya adalah degassing temperatur dan berapa jam setelah komplete welding. Normal nya 3 jam di temperatur 300 Deg C.

Semoga menjawab pertanyaan pak Yandhi,