Standar Solver di Microsoft Excel yang berbasis GRG2 (Generalized Reduced Gradient) bisa cukup banyak menangani decision variable dan constraints (masing-masing bisa lebih dari 100 buah). Kesan saya karena anda hanya menyebut ‘beberapa’ berarti decision variable/constraint-nya hanya sekitar sepuluh atau belasan saja. Lain halnya jika yang anda maksudkan jumlah decision variable/constraint-nya berbilang ribuan atau bahkan jutaan, saya kira Solver di MS Excel tidak akan mampu. Saya sertakan juga artikel dari pembuat Solver (Flystra, Lasdon, Watson dan Waren) mengenai spesifikasi dari Solver MS Excel.

Tanya – Rachmat

Saya anggota baru mailing list ini. Saat ini sedang mengambil kuliah S1 jurusan teknik sistem transportasi laut dan logistik di ITS Surabaya. Saat ini saya mengambil Tugas Akhir tentang Perencanaan Pola distribusi BBM yang Optimum di wilayah Indonesia berbasis security of supply.

Saya ingin bertanya kepada rekan-rekan yang bisa membantu saya dalam mensimulasikan optimasi proses distribusi ini. Saat ini saya menggunakan Software Microsoft Office Excel/spreedsheet 2007 dalam mensimulasikannya. namun mnurut saya masih ada kelemahannya, yakni excel hanya mampu menggunakan beberapa constraint/batasan dan beberapa decision variable saja. oleh karena itu, saya mengalami kesulitan dalam mensimulasikannya. menurut info yang saya terima, excel ini memiliki add on yang salah satunya adalah solver premium. Mungkin ada rekan-rekan yang memiliki software add on ini yang dapat membantu saya dalam menyelesaikan masalah ini.

Sekian dulu perkenalan saya, terima kasih banyak untuk perhatiannya.

Tanggapan 1 – EG Giwangkara S

coba bapak googling atau klik disini.

disitu banyak yang free trial 15 hari..

Tanggapan 2 – Weby

Mas Rachmat,

Setahu saya standar Solver di Microsoft Excel yang berbasis GRG2 (Generalized Reduced Gradient) bisa cukup banyak menangani decision variable dan constraints (masing-masing bisa lebih dari 100 buah). Kesan saya karena anda hanya menyebut ‘beberapa’ berarti decision variable/constraint-nya hanya sekitar sepuluh atau belasan saja. Lain halnya jika yang anda maksudkan jumlah decision variable/constraint-nya berbilang ribuan atau bahkan jutaan, saya kira Solver di MS Excel tidak akan mampu. Saya sertakan juga artikel dari pembuat Solver (Flystra, Lasdon, Watson dan Waren) mengenai spesifikasi dari Solver MS Excel.

Karena anda sedang mengerjakan tugas akhir, kenapa anda tidak mencoba mengembangkan sendiri algoritma optimasinya di VBA Excel atau di bahasa pemrograman lainnya? Banyak algoritma matematis optimasi dibahas dibuku-buku referensi teknik, salah satunya di ‘Optimization of Chemical Processes’ oleh Edgar, Himmelblau dan Lasdon (yang terakhir ini yang bikin GRG2). Jika anda enggan memahami fundamental matematikanya anda bisa cari source code-nya. Saya pernah cari source code GRG ini dan dipaparkan dengan gamblang di buku ‘Numerical Recipes in C – The Art of Scientific Computing’ karangan Press, Teukolsky, Vetterling dan Flannery.

Jika ternyata pengerjaan algoritma optimasi ini justru memperpanjang pengerjaan tugas akhir anda, perlu dipikirkan kembali untuk mengkaji ulang cakupan tugas akhir anda ke masalah optimasi yang lebih kecil, misalnya dalam cakupan provinsi atau kabupaten.

‘Break the problem into manageable parts if the problem is too large’ adalah salah satu langkah penting dalam pengerjaan problem optimasi.

Selamat bertugas akhir.