Odorant Injection digunakan untuk memberi bau pada natural gas , karena pada hakekatnya natural gas tsb.tidak berwarna dan tidak berbau oleh sebab itu biasanya untuk konsumsi rumah tangga ditambahkan zat pembau ( odorant ) seperti Gas yang diisikan di tabung gas elpiji. Karena apabila ada kebocoran gas di dalam rumah bisa terdeteksi dengan indera penciuman kita sehingga kita bisa menjauh.

Tanya – jamiat deba

Dear Pak moderator dan rekan-rekan milister..

Mohon pencerahannya mengenai proses system Odorant Injection System pada Gas…

Apakah ada di milist kita ini sudah terdapat tulisan mengenai itu?

Adakah rekan-rekan yang bersedia memberikan slide mengenai proses tersebut?

Apakah ada komposisi tertentu untuk Odorant injeksi tersebut?

Bila berkenan, bisa japri ke E-mail saya…

Tanggapan 1 – robby yuli yuli

Mas Jamiat

1. sedikit sharing odorant injection digunakan untuk memberi bau pada natural gas , karena pada hakekatnya natural gas tsb.tidak berwarna dan tidak berbau oleh sebab itu biasanya untuk konsumsi rumah tangga ditambahkan zat pembau ( odorant ) seperti Gas yang diisikan di tabung gas elpiji. Karena apabila ada kebocoran gas di dalam rumah bisa terdeteksi dengan indera penciuman kita sehingga kita bisa menjauh.

2. kalau untuk mengukur kadar odorant yang sudah kita inject,kita bisa mengukurnya di down stream di sytem pipe line dengan menggunakan odormeter.

3. Dan biasanya inject odorant tsb di sesuaikan dengan tekanan dan aliran yang ada dalam pipa dan untuk komposisi odorant sendiri bisa lihat ke website nya NJEX natural gas odorization system.

4. untuk mengaktifkan odorant saya ada soft file yang pernah digunakan di plant kami dan MSDS untuk natural gas.

Semoga tulisan saya ini bermanfaat apabila ada kekurangan saya mohon ma’af , dan bisa ditambahkan oleh rekan migas yang lain.

Tanggapan 2 – jamiat deba

Alow Pak Robby…

Trimakasih banyak atas informasi yang telah diberikan,

Jika berkenan, mungkin bapak bisa memberikan softcopy mengenai perhitungan atau simulasi odorizer tersebut.